Gitta Vania (2020) Classroom Management by Student-Teachers: Challenges and Strategies. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (426kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Sebagai pendidik, guru dituntut memiliki kemampuan untuk menciptakan proses belajar mengajar yang efektif. Efektivitas proses pengajaran akan terjadi jika guru dapat mengelola kelas dengan baik. Ketika guru dapat mengelola kelas dengan benar, tujuan pembelajaran akan tercapai. Demikian juga, mahasiswa magang ketika melakukan praktik mengajar, harus memiliki kemampuan untuk mengelola kelas seperti guru. Pada saat ini banyak mahasiswa magang yang melakukan praktik mengajar dan mengalami kesulitan dalam mengelola situasi kelas. Berawal dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan apa yang dialami oleh mahasiswa magang terkait dengan manajemen kelas saat melakukan praktik mengajar dan strategi apa yang mereka lakukan untuk mengatasi tantangan tersebut. Desain penelitian kualitatif digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Empat mahasiswa magang berkontribusi sebagai peserta dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa delapan tantangan adalah kesulitan mengelola kemampuan diri sendiri; manajemen waktu; kurangnya pengalaman dalam mengajar; kurangnya pengetahuan; siswa yang beragam; siswa yang mengganggu, pertanyaan yang tidak dapat diprediksi, dan situasi yang tidak dapat diprediksi. Temuan ini juga menunjukkan strategi untuk memecahkan masalah seperti berbicara dengan siswa; meminta saran teman; berpikir positif; mempersiapkan topik yang baik untuk memulai kelas; menyiapkan rencana pelajaran yang baik; sharing untuk menghabiskan waktu yang tersisa; berkonsultasi dengan rencana pelajaran kepada guru sekolah; menjelajahi pengajaran yang efektif melalui internet; mengingat pelajaran dalam mengajar; berbicara perlahan; mengulangi penjelasannya; memeriksa pemahaman siswa; memilih asisten guru; memberi nasihat lembut kepada siswa yang bertindak kurang baik; memberi hadiah dan pujian; membuat jargon interaktif; memilih pemimpin kelas sementara, dan mendiskusikan kata yang sulit.
Dosen Pembimbing: | Eko Purwanti, S.Pd., M.Hum., Ph.D. | NIDN0517037002 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 02:06 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 02:08 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/583 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |