Classroom Management by Student-Teachers: Challenges and Strategies

Gitta Vania (2020) Classroom Management by Student-Teachers: Challenges and Strategies. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (426kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sebagai pendidik, guru dituntut memiliki kemampuan untuk menciptakan proses belajar mengajar yang efektif. Efektivitas proses pengajaran akan terjadi jika guru dapat mengelola kelas dengan baik. Ketika guru dapat mengelola kelas dengan benar, tujuan pembelajaran akan tercapai. Demikian juga, mahasiswa magang ketika melakukan praktik mengajar, harus memiliki kemampuan untuk mengelola kelas seperti guru. Pada saat ini banyak mahasiswa magang yang melakukan praktik mengajar dan mengalami kesulitan dalam mengelola situasi kelas. Berawal dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan apa yang dialami oleh mahasiswa magang terkait dengan manajemen kelas saat melakukan praktik mengajar dan strategi apa yang mereka lakukan untuk mengatasi tantangan tersebut. Desain penelitian kualitatif digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Empat mahasiswa magang berkontribusi sebagai peserta dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa delapan tantangan adalah kesulitan mengelola kemampuan diri sendiri; manajemen waktu; kurangnya pengalaman dalam mengajar; kurangnya pengetahuan; siswa yang beragam; siswa yang mengganggu, pertanyaan yang tidak dapat diprediksi, dan situasi yang tidak dapat diprediksi. Temuan ini juga menunjukkan strategi untuk memecahkan masalah seperti berbicara dengan siswa; meminta saran teman; berpikir positif; mempersiapkan topik yang baik untuk memulai kelas; menyiapkan rencana pelajaran yang baik; sharing untuk menghabiskan waktu yang tersisa; berkonsultasi dengan rencana pelajaran kepada guru sekolah; menjelajahi pengajaran yang efektif melalui internet; mengingat pelajaran dalam mengajar; berbicara perlahan; mengulangi penjelasannya; memeriksa pemahaman siswa; memilih asisten guru; memberi nasihat lembut kepada siswa yang bertindak kurang baik; memberi hadiah dan pujian; membuat jargon interaktif; memilih pemimpin kelas sementara, dan mendiskusikan kata yang sulit.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2021 02:06
Last Modified: 23 Oct 2021 02:08
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/583

Actions (login required)

View Item
View Item