Dya Sherlly Rahmawati (2020) The Implementation of Scientific Approaches of the 2013 Curriculum in English Language Teaching. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (434kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (560kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Karakteristik pada Kurikulum 2013 adalah penerapan pendekatan saintifik disetiap mata pelajaran termasuk dalam pelajaran Bahasa Inggris. Terdapat enam tahapan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik, diantaranya mengobservasi, menanya, menalar, mengasosiasi, mengkomunikasikan, dan membuat. Namun, pendekatan Saintifik adalah jenis pendekatan yang tidak biasa digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana guru bahasa Inggris menerapkan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik . Kedua, penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu hambatan-hambatan yang dialami guru selama mengajar menggunakan pendekatan Saintifik. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian deskriptif kualitatif dan yang berlaku sebagai subjek dalam penelitian ini adalah dua orang guru bahasa Inggris yang mengajar di salah satu Sekolah Menengah Atas Islam di Yogyakarta. Selain itu, observasi dan wawancara dipilih sebagai cara untuk mengumpulkan data. Berdasarkan hasil yang ditemukan, guru-guru menerapkan tahapan observasi, menanya, menalar, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Berdasarkan hasil wawancara, ditemukan beberapa hambatan yang dihadapi oleh para guru. Namun, kebanyakan hambatan tersebut berasal dari faktor peserta didik. Hambatan tersebut diantaranya, Kurangnya antusiasme dan minat siswa terhadap mata pelajaran dan juga guru, Jumlah siswa yang terbatas, Siswa jarang mengajukan pertanyaan, pertanyaan siswa yang kurang efektif, Rendahnya tingkat pemahaman dasar peserta didik, Kemampuan berpikir kritis peserta didik yang rendah, saling mencontek antar peserta didik , Perhatian atau fokus siswa terhadap satu sama lain dan rendahnya Kosa kata peserta didik, dan yang terakhir adalah Rendahnya tingkat kreatifitas peserta didik.
Kata Kunci: Kurikulum 2013, Pendekatan Saintifik, Pembelajaran, Sekolah Menengah Atas
Dosen Pembimbing: | Indah Puspawati, S.pd., M.A. | NIDN0530097602 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 07:24 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 02:14 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/587 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |