Noor arif budiman (2021) STRATEGI PROMOSI ONLINE RUMAH OPTIK JOGYA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2019-2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (395kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (344kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (35kB)
Bab I.pdf
Download (350kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (297kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (43kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (110kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (595kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (230kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Pandemi covid-19 yang muncul di seluruh dunia sangat berdampak pada semua sektor terutama pada perekonomian. Hal ini menyebabkan pergeseran dan perubahan pola penjualan serta pembelian. Pelaku usaha harus bisa beradaptasi menyesuaikan diri dalam menjalankan usahanya. Pemanfaat teknologi dengan metode promosi online menjadi solusinya. Media sosial instagram sebagai salah satu media sosial dalam melakukan promosi penjualan di masa pandemi Covid-19 dianggap mudah dan efektif. Penelitian ini mendiskripsikan Rumah Optik Jogja yang merupakan optik spesialis lensa anti radiasi, menggunakan media sosial instagram sebagai strategi promosi untuk meningkatkan penjualan pada masa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian diskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengambilan informan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Dan validitas data penelitian menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi promosi yang dilaksanakan oleh Rumah Optik Jogja dalam perencanaannya adalah dengan menentukan media yang digunakan, mengidentifikasi target audiens, menentukan tujuan komunikasi dan membuat isi pesan dengan bahasa yang ringan dengan menyisipkan dakwah islami. Untuk pelaksanaan promosi meliputi kegiatan produksi materi, menentukan anggaran promosi dan menentukan bauran promosi antara lain periklanan dan promosi penjualan. Selanjutnya, tahap evaluasi dilaksanakan dengan mengadakan rapat rutin untuk mengukur hasil promosi yang dilakukan.
Kata kunci : Strategi Promosi, Media Sosial Instagram, Pandemi Covid-19
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 03:27 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 03:27 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6379 |