STRATEGI PROMOSI ONLINE RUMAH OPTIK JOGYA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2019-2020

Noor arif budiman (2021) STRATEGI PROMOSI ONLINE RUMAH OPTIK JOGYA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2019-2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pandemi covid-19 yang muncul di seluruh dunia sangat berdampak pada semua sektor terutama pada perekonomian. Hal ini menyebabkan pergeseran dan perubahan pola penjualan serta pembelian. Pelaku usaha harus bisa beradaptasi menyesuaikan diri dalam menjalankan usahanya. Pemanfaat teknologi dengan metode promosi online menjadi solusinya. Media sosial instagram sebagai salah satu media sosial dalam melakukan promosi penjualan di masa pandemi Covid-19 dianggap mudah dan efektif. Penelitian ini mendiskripsikan Rumah Optik Jogja yang merupakan optik spesialis lensa anti radiasi, menggunakan media sosial instagram sebagai strategi promosi untuk meningkatkan penjualan pada masa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian diskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengambilan informan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Dan validitas data penelitian menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi promosi yang dilaksanakan oleh Rumah Optik Jogja dalam perencanaannya adalah dengan menentukan media yang digunakan, mengidentifikasi target audiens, menentukan tujuan komunikasi dan membuat isi pesan dengan bahasa yang ringan dengan menyisipkan dakwah islami. Untuk pelaksanaan promosi meliputi kegiatan produksi materi, menentukan anggaran promosi dan menentukan bauran promosi antara lain periklanan dan promosi penjualan. Selanjutnya, tahap evaluasi dilaksanakan dengan mengadakan rapat rutin untuk mengukur hasil promosi yang dilakukan.
Kata kunci : Strategi Promosi, Media Sosial Instagram, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Dec 2021 03:27
Last Modified: 14 Dec 2021 03:27
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6379

Actions (login required)

View Item
View Item