Khikmatunisa (2021) STRATEGI KAMPANYE SOSIAL DISKOMINFO DIY DALAM MENSOSIALISASIKAN APLIKASI JOGJA PASS MELALUI INSTAGRAM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (388kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (257kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (158kB)
Bab I.pdf
Download (1MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (196kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (36kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (105kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (57kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (413kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Aplikasi Jogja Pass adalah platform besutan Dinas Komunikasi dan Informatika DIY dapat digunakan untuk melakukan skrining mandiri Covid-19 dan verifikasi identitas digital masyarakat di Kawasan Istimewa Yogyakarta sebelum memasuki area publik. Jogja Pass berguna dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19 yang dapat dioptimalkan karena akan memperkuat disiplin dan pembatasan kegiatan sosial serta mendorong pengambilan keputusan pemerintah dalam mencegah penyebaran wabah Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kampanye sosial Diskominfo DIY dalam mensosialisasikan aplikasi Jogja Pass melalui instagram. Tahapan perencanaan merupakan tahapan pertama dalam melakukan kampanye sosial oleh Diskominfo DIY yang kemudian diikuti oleh tahapan selanjutnya yaitu pelaksanaan dan evaluasi. Tahap perencanaan secara umum terdiri dari berbagai tahapan, yakni analisis sasaran, penetapan sasaran, strategi penyampaian pesan, dan penetapan tujuan. Analisis sasaran pada tahapan perencanaan dalam hal ini adalah penetapan masalah berupa adanya pandemi Covid 19 yang menuntut Pemda DIY melalui Diskominfo DIY untuk melakukan inovasi berupa pembutan aplikasi tracing. Penetapan sasaran pada tahapan perencanaan adalah masyarakat DIY dan luar DIY yang ada pada ruang publik. Dalam strategi penyampaian pesan, yang bertindak sebagai komunikator adalah Diskominfo DIY melalui bidang APTIKA, saluran yang digunakan adalah media sosial terutama instagram, pesan yang disampaikan adalah ajakan untuk menggunakan aplikasi Jogja Pass dalam aplikasi tracing Covid 19, sedangkan penerima pesan adalah masyarakat DIY ataupun yang keluar masuk DIY. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kampanye aplikasi Jogja Pass melalui instagram diawali dengan analisis sasaran yakni berupa penemuan masalah terkait masifnya penyebaran Covid 19 yang sulit untuk dikendalikan. Tahap selanjutnya dalam pelaksanaan kampanye adalah Diskominfo DIY melakukan pelaksanaan dan evaluasi. Adapun target sasaran utama pada program ini adalah masyarakat provinsi DIY, pengunjung ruang publik dan tempat wisata di DIY. Evaluasi kegiatan dilakukan oleh Diskominfo DIY melalui badan IKP dan APTIKA.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 06:37 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 06:37 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6535 |