FELIA SALMA DEARTA (2021) PERLINDUNGAN HAK-HAK KONSUMEN DALAM PELAYANAN AIR BERSIH PERUMDA AIR MINUM TIRTA PROJOTAMANSARI KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (2MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (212kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (169kB)
Bab I.pdf
Download (181kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (150kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (322kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (64kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (106kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (366kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (657kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Projotamansari Kabupaten Bantul merupakan perusahaan yang memiliki fungsi sosial yaitu melayani kebutuhan dasar masyarakat dalam penyediaan air bersih. Sehingga timbul hak dan kewajiban antara pelaku usaha selaku pemberi jasa dan konsumen sebagai penerima jasa. PERUMDAM mempunyai kewajiban dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada konsumen sesuai dengan standar produksi yang konsumen butuhkan. Maka konsumen mempunyai hak untuk memperoleh ganti rugi atas barang dan ataupun jasa yang tidak layak dikonsumsi. Sebagai konsumen, hak-hak mereka diatur di dalam UUPK. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Apakah PERUMDAM Tirta Projotamansari Kabupaten Bantul sudah memenuhi hak-hak konsumen? 2) Bagaimana mekanisme bagi konsumen yang dirugikan atas pelayanan air bersih PERUMDAM Tirta Projotamansari Kabupaten Bantul? Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian hukum empiris dengan teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa PERUMDAM Tirta Projotamansari Kabupaten Bantul dalam memenuhi hak-hak konsumen sesuai Pasal 4 UUPK hak mendapatkan air bersih yang memenuhi kualitas dan standar yang ditetapkan berdasarkan standar kualitas air sesuai Permenkes RI nomor 492/Menkes/Per/IV/2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum dan upaya yang bisa dilakukan konsumen jika mengalami kerugian melalui dua jalur yaitu jalur litigasi dan non litigasi. Namun jalur yang banyak ditempuh oleh konsumen adalah negosiasi. Kata Kunci: Air Bersih, Hak-Hak Konsumen, Perlindungan Konsumen
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Hukum > Hukum S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 03:03 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 03:03 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6559 |