Adi Indra Nugraha (2020) املشاكل فى تعليم إلامالءلدى الطالب الصف الثامن فى املدسة الثاهية املرورس ساةي ّ السن الد 8102-8. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (731kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (443kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (633kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (702kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (482kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemb elajaran imla’, mengetahi
problem yang dihadapi siswa dalam pembelajaran bahasa arab menggunakan metode imla’,
dan untuk mengetahui solusi untuk dalam mengatasi problem dalam menulis imla’ siswa
SMP Al-Mabrur Gembol, Pejawaran, Banjarnegara.
Jenis penelitian ini adalak kualitatif deskriptif. Dan merupakan penelitian lapangan
(Field research)
Hasil penelitian ini menunjukan problematika pembelajaran bahasa Arab
menggunakan metode imla’ pada siswa kelas VIII di SMP Al-Mabrur Gembol, Pejawaran,
Banjarnegara yaitu peserta didik kesulitan dalam menulis huruf-huruf hijaiyah dengan bentuk
yang berbeda-beda, kesulitan dalam menyambung huruf yang bisa disambung dan huruf yang
tidak bisa diambung, kesulitan dalam menulis huruf yang hampir sama pengucapanya, kurang
mengerti dalam membedakan huruf yang ditulis diatas garis dan hurif yang dotulis dibawah
garis. Sedangkan problematika yang dihadapi guru yaitu kurangnya alokasi waktu dalam
proses pembelajaran bahasa Arab menguunakan metode imla’. Usaha yang telah dilakukan
guru adalah menumbuhkan motivasi siswa, menuntun mereka dengan pelan-pelan,
memberikan semangat belajar bahasa Arab khususnya belajar imla’ agar siswa tidak
menganggap bahwa belajar bahasa Arab menggunakan metode imla’ merupakan suatu hal
yang tidak sulit, siswa selalu berusaha belajar di kelas maupun di rumah, siwa selahu
berusaha mengikuti pelajaran bahasa Arab khususnya berlatih menulis Arab dengan serius.
Dosen Pembimbing: | Erma Febriani, S.Pd, M.ed | NIDN0510028901 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 15 Oct 2021 03:02 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 03:08 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/663 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |