KENSHI PRIMA MOHAMMAD HELMI (2021) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS KEHILANGAN DAN KERUSAKAN PAKET PENGIRIMAN BARANG PADA PT TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) (Studi di Kantor PT. JNE Agen Kraksaan Probolinggo). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (401kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (12kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (198kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (581kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (581kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
<p>PT JNE merupakan perusahaan jasa pengiriman barang di Indonesia, beberapa konsumen menggunakan PT JNE karena mereka percaya bahwa paket yang meraka kirim akan sampai ditempat dituju dengan aman. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen atas kehilangan dan kerusakan paket pengiriman barang pada PT JNE Agen Kraksaan, Apa faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan per;indungan hukum terhadap konsumen atas kehilangan dan kerusakan barang pada PT JNE Agen Krakaan.Penelitian empiris ini berdasarkan hasil wawancara dengan responden yakni konsumen dan narasumber ialah pihak PT JNE Agen Kraksaan.Hasil dari penelitian ini adalah Perlindungan hukum terhadap konsumen atas kehilangan dan kerusakan masih lemah dan kurang maksimal dikarenakan masih banyak konsumen yang mengalami kerusakan dan kehilangan, jika mengacu pada pasal 1236 dan 1246 KUHPerdata pengangkut harus memberikan ganti rugi apabila pengangkut tidak menjaga keselamatan barang, faktor penghambat dan pendukung dalam melaksanakan perlindungan konsumen, faktor penghambatnya adalah lambatnya penangan klaim oleh pelaku usaha yang mengakitbatkan kerugian pada kosumen, sedangkan faktor pendukungnya adalah adanya Undang-undang perlindungan konsumen Nomer 8 tahun 1999, serta adanya peraturan yang berkaitan dengan pengangkutan dalam Pasal 1235 jo Pasal 1338 ayat (1) dan (3) KUHPerdata.</p>
| Dosen Pembimbing: | Reni Budi Setianingrum, S.H., M.Kn. | NIDN0515028201 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Hukum |
| Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
| Date Deposited: | 08 Nov 2021 06:59 |
| Last Modified: | 08 Nov 2021 06:59 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6641 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
