Sahid Ali Zakaria (2021) What Demotivates Indonesian Students of English Language Education Department in Learning English. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (508kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (98kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (22kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
<p><strong>Intisari</strong></p>
<p>Demotivasi dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL) dapat menjadi faktor yang merugikan untuk kesuksesan pelajar dalam pembelajaran EFL. Demotivasi dalam pembelajaran EFL dapat dialami oleh siswa manapun, dan mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia bukanlah pengecualian. Oleh sebab itu, mencegah dan mengatasi demotivasi merupakan hal yang penting untuk meningkatkan kesuksesan pelajar dalam pembelajaran EFL. Penelitian ini dilakukan untuk menyelidiki faktor demotivasi dalam pembelajaran EFL dan strategi untuk mengatasi demotivasi dalam pembelajaran EFL di antara mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di sebuah universitas Islam di Yogyakarta. Partisipan penelitian ini adalah 151 mahasiswa angkatan 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran. Data kualitatif dalam penelitian ini diperoleh melalui kuesioner, sedangkan data kuantitatif dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor demotivasi dalam pembelajaran EFL mahasiswa tersebut adalah karakteristik kelas (M = 2.69), materi pembelajaran (M = 2.35), pengalaman kegagalan (M = 2.35), dan kekurangan motivasi intrinsik (M = 2.10); sedangkan strategi mereka untuk mengatasi demotivasi mereka adalah mencari dukungan sosial, menggunakan strategi pengatur emosi, menetapkan tujuan pembelajaran yang jelas, dan mengembangkan kegigihan dalam pembelajaran EFL.</p>
| Dosen Pembimbing: | Arifah Mardiningrum, S.Pd., M.A. and Ika Wahyuni Lestari, S.Pd., M.Hum. | NIDN0514048003, NIDN0511068603 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
| Date Deposited: | 13 Dec 2021 07:35 |
| Last Modified: | 13 Dec 2021 07:35 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6661 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
