Ummu Salamah Hafid Sinagula (2021) INVESTIGATING JUNIOR HIGH SCHOOL TEACHER'S STRATEGIES IN TEACHING SPEAKING FOR VISUALLY IMPAIRED LEARNERS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (824kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (131kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (608kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Bahasa Inggris merupakan salah satu pelajaran yang sulit untuk dipahami karena siswa harus mempelajari beberapa keterampilan seperti keterampilan berbicara, menulis, membaca dan mendengarkan. Selain itu, bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang harus dipelajari oleh siswa normal dan siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan dan strategi yang digunakan guru dalam mengajar peserta didik tunanetra. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif dan menggunakan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Apalagi penelitian ini dilakukan di dua Sekolah Luar Biasa (SLB) di Yogyakarta. Partisipan dalam penelitian ini adalah tiga orang guru dari dua sekolah berkebutuhan khusus di Yogyakarta. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa ada empat tantangan dalam pengajaran berbicara bagi siswa tunanetra, yaitu ketidaksesuaian kurikulum dan kebutuhan siswa, kurangnya media pembelajaran, keterbatasan waktu mengajar dan masalah sikap siswa. Selanjutnya, ada empat strategi dalam mengajar peserta didik tunanetra, yaitu respon fisik total, pembelajaran kooperatif, membaca nyaring interaktif dan membaca terbimbing.
| Dosen Pembimbing: | Indah Puspawati, S.Pd., M.A. and Sri Rejeki Murtiningsih, S.Pd., M.Ed., Ph.D. | NIDN0530097602, NIDN0518047702 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
| Date Deposited: | 13 Dec 2021 07:35 |
| Last Modified: | 13 Dec 2021 07:35 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6662 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
