Aprilia Melyana Devi (2021) Students’ Strategies and Difficulties in Writing Descriptive Texts of Tenth Grade in Senior High School. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (259kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (101kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (674kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan siswa dalam menulis teks deskriptif dan mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa dalam menulis teks deskriptif. Berdasarkan pertanyaan penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengetahui dan menyelidiki informasi lebih rinci tentang topik tersebut. Peneliti juga menggunakan penelitian kualitatif deskriptif untuk menyelidiki pengalaman partisipan. Ada enam siswa kelas sepuluh di salah satu SMA Muhammadiyah di Yogyakarta yang dipilih sebagai peserta penelitian. Peneliti menggunakan wawancara untuk mengumpulkan data sebagai instrumen penelitian ini. Pada pertanyaan penelitian pertama, peneliti menemukan empat temuan terkait dengan strategi yang digunakan siswa dalam menulis teks deskriptif. Temuan pertama adalah brainstorming. Yang kedua adalah menggunakan berbagai kosakata. Yang ketiga menggunakan gambar. Dan yang terakhir adalah mempelajari topik. Sedangkan pada pertanyaan penelitian kedua peneliti menemukan lima temuan kesulitan yang dihadapi siswa dalam menulis teks deskriptif. Pertama, kesulitan siswa dalam mengembangkan ide. Yang kedua adalah mengorganisir ide. Ketiga, kesulitan siswa dalam menggunakan kosakata yang tepat. Keempat adalah kesulitan siswa dalam menggunakan tata bahasa yang tepat. Kelima adalah kesulitan siswa dalam mengembangkan konten. Kesimpulannya, peneliti menemukan bahwa penggunaan keempat strategi di atas membawa dampak yang baik bagi siswa. Pernyataan positif telah ditunjukkan oleh siswa selama sesi wawancara ketika mereka ditanya tentang strategi menulis mereka ketika menulis teks deskriptif. Siswa dapat mengatasi kesulitan mereka dan menulis teks deskriptif lebih mudah dari sebelumnya setelah menggunakan strategi.
| Dosen Pembimbing: | Endro Dwi Hatmanto, S.Pd., M.A., Ph.D | NIDN0526077202 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
| Date Deposited: | 13 Dec 2021 07:35 |
| Last Modified: | 13 Dec 2021 07:35 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6671 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
