Rahmatunnisa Djulihardy (2021) ANALISIS DAMPAK YANG TERJADI PADA UMKM SETELAH MEMASARKAN PRODUK DI 212 MART BANDA ACEH (STUDI KASUS : 212 MART CABANG KEUTAPANG). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (231kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (162kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
|
|
Text (Bab VI)
Bab VI.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (612kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
<p>Penelitian ini dilakukan di 212 Mart Banda Aceh (cabang keutapang) dengan jumlah responden sebanyak 75 responden, yaitu UMKM yang memasarkan produk di 212 Mart Banda Aceh (cabang keutapang) selama 1 tahun keatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak yang terjadi pada UMKM setelah memasarkan produk di 212 Mart Banda Aceh (cabang keutapang) yang dilihat dari perubahan modal usaha, jumlah produksi, jumlah tenaga kerja, dan omzet penjualan, dengan melihat perubahan yang terjadi antara sebelum dan sesudah memasarkan produk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode survei dengan kuesioner. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling, yang mengambil data menggunakan kriteria tertentu yaitu UMKM yang memasarkan produk selama 1 tahun keatas (satu tahun atau lebih). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari uji pangkat Wilcoxon pada variabel modal usaha, jumlah produksi, jumlah tenaga kerja, dan omzet penjualan didapatkan hasil nilai -p sebesar 0.000 kurang dari 0.05 yang berarti ada perbedaan antara sebelum memasarkan dan sesudah memasarkan. Sedangkan pada variabel jumlah tenaga kerja didapat nilai -p sebesar 0.000 kurang dari 0.05 yang berarti ada perbedaan antara sebelum memasarkan dan sesudah memasarkan. Namun, pada hasil penelitian menunjukkan dari 75 responden (UMKM) ada 36 responden (UMKM) yang tidak mengalami perbedaan jumlah tenaga kerja dengan kata lain jumlah tenaga kerja sebelum memasarkan sama dengan jumlah tenaga kerja sesudah memasarkan. Hal ini terjadi karena, beberapa UMKM tidak terlalu membutuhkan jumlah tenaga kerja yang terlalu banyak, atau tidak membutuhkan tambahan tenaga kerja, karena pekerjaan pada usaha UMKM masih dapat dikerjakan oleh beberapa tenaga kerja saja.</p>
| Dosen Pembimbing: | Imamudin Yuliadi, Dr., S.E., M.Si. | NIDN0523076401 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ekonomi |
| Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
| Date Deposited: | 08 Nov 2021 06:54 |
| Last Modified: | 08 Nov 2021 06:54 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6722 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
