Gilang Prakoso (2021) Pembuatan 3D Asset Dengan Software Blender Pada Game Simulasi Kebakaran Bangunan. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (923kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (49kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (655kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (615kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
<p>Kebakaran merupakan salah satu ancaman terbesar di kota-kota besar di Indonesia yang diakibatkan oleh adanya ancaman potensial dan derajat terkena pancaran api sejak dari awal terjadi kebakaran hingga penjalaran api, asap dan gas yang ditimbulkan. Ancaman tersebut menimbulkan respon cepat dalam penanganannya salah satunya adalah timbulnya skenario kebakaran. Dengan menjamurnya game developer saat ini, maka berkembang juga penyampaian informasi salah satunya melalui game 3D. Media game 3D dapat digunakan sebagai bentuk penyampaian skenario. Namun, skenario tersebut tidak dapat diterapkan dengan baik apabila 3D assets tidak dibuat secara realistis. 3D assets yang realistis perlu disertai dengan tekstur, warna, serta bentuk yang sesuai dengan objek nyata. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan 3D assets yang realistis dengan dimasukannya skenario yang dapat digunakan di dalam game simulasi kebakaran di dalam bangunan. Metode yang digunakan pada penelitian menggunakan metode Luther. Berdasarkan pengujian 3D assets pada Unreal Engine dan pengujian tingkat realistis 3D assets, dapat disimpulkan bahwa 3D assets mencapai tingkat realistis serta dapat digunakan di dalam game simulasi kebakaran.</p>
| Dosen Pembimbing: | Reza Giga Isnanda, S.T., M.Sc. and Apriliya Kurnianti, S.T., M.Eng. | NIDN0503068601, NIDN0518048401 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknologi Informasi |
| Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
| Date Deposited: | 13 Dec 2021 03:56 |
| Last Modified: | 13 Dec 2021 03:56 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6768 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
