Muhammad Syahrir (2021) Implementasi Model Paikem Dalam Menginternalisasi Nilai- Nilai Pada Mata Pelajaran Al-Islam di SD Muhammadiyah Ambarketawang 2. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (729kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan adalah hal yang esensial bagi manusia sehingga seluruh masyarakat harus dan berhak untuk mendapatkannya. Namun pada realitanya masih banyak terjadi school failures atau kesulitan sekolah dalam mengontrol kebutuhan siswa untuk mencapai hakikat pembelajaran yaitu student academic and social. Dampaknya terjadi pada rendahnya kualitas pembelajaran di sekolah. Salah satu solusi dari permasalahan di atas adalah memperhatikan kesiapan pembelajaran seperti penerapan model PAIKEM. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dan menjelaskan tahapan implementasi model PAIKEM yaitu model pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan untuk menginternalisasi nilai-nilai pada mata pelajaran Al-Islam di SD Muhammadiyah Ambarketawang 2. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian yang menggunakan triangulasi sumber yang terdiri dari informan kunci yaitu kepala sekolah, informan utama adalah guru mata pelajaran Al-Islam dan informan pendukung dari orang tua atau wali murid kelas 1-6. Data dianalisis secara deskriptif dengan beberapa tahapan diantaranya pengumpulan, reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan serta data tersebut dikumpulkan dengan melalui teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui model PAIKEM yang disusun dan dirancangan oleh guru mata pelajaran Al-Islam berdasarkan RPP, pelaksanaan pembelajaran dan upaya guru mampu menginternalisasi nilai-nilai pendidikan Islam di SD Muhammadiyah Ambarketawang dengan memperhatikan aspek dari nilai yang diterapkan dan diimplementasikan pada peserta didik.
Dosen Pembimbing: | Firman Mansir, Dr., M.Pd.I. | NIDN0407058802 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 03:52 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 03:52 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6801 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |