Ulfa Mei Anggraeni (2020) KOMODIFIKASI PRIVASI DALAM RUANG PUBLIK PADA PROGRAM ACARA PAGI-PAGI PASTI HAPPY DI TRANS TV. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (711kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (574kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Media televisi sebagai media hiburan, informasi, dan pendidikan mempunyai peran khusus dalam mempengaruhi masyarakat. Bayaknya stasiun televisi membuat mereka selalu berlomba-lomba untuk menyajikan tayangan agar diminati oleh penonton. Tidak heran jika mereka selalu melakukan komodifikasi untuk kepentingan tertentu, salah satunya adalah komodifikasi privasi. Pagi-Pagi Pasti Happy menjadi salah satu contoh program acara di Trans TV yang sering mendapat teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) karena seringkali menjadikan privasi artis sebagai konsumsi publik. Dimana privasi merupakan isu sensitif yang harus dibicarakan di depan publik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk komodifikasi privasi dalam ruang publik melalui wacana yang diproduksi pada program acara Pagi-Pagi Pasti Happy (P3H). Metode dari penelitian ini menggunakan metode analisis wacana kritis model Fairclough yang berfokus pada analisis teks, praktik diskursif (produksi dan konsumsi teks), dan praktik sosial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya bentuk komodifikasi privasi yang ditampilkan melalui wacana yang di produksi oleh acara P3H dengan menjadikan permasalahan artis sebagai konten utama. Tidak jarang mereka selalu menampilkan kesedihan dengan memperlihatkan ekspresi wajah dan air mata untuk meningkatkan daya jual pada program acara tersebut yang didukung dengan adanya backsound untuk mendramatisir acara.
Dosen Pembimbing: | TAUFIQURRAHMAN, S.IP., MA., Ph. D. | NIDN0527057401 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 03:21 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 03:34 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/683 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |