Dwi Septihadi (2021) PENGEMBANGAN GAME MULTIPLAYER ULAR TANGGA BERGENRE STRATEGI MENGGUNAKAN UNITY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (444kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (84kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (897kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (19kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Pada penelitian sebelumnya, Muhammad Ilham Nur Isra’ membuat invovasi pada permainan ular tangga ke arah yang lebih modern, dengan cara menambahkan elemen strategi didalamnya. Permainan tersebut disebut ular tangga bergenre strategi. Wahyu Firmansya kemudian mengembangkan permainan tersebut ke versi digital. Akan tetapi pada hasil pengembangannya tidak menerapkan keseluruhan fitur dari rancangan yang dibuat oleh Muhammad Ilham, hal itu dikarenakan Wahyu Firmansyah menggunakan game engine Construct 2 yang tidak mendukung metode ObjectOriented programming (OOP). Oleh karena itu, penulis mengembangkan game ular tangga bergenre strategi untuk melengkapi fitur yang belum diterapkan dan membuat ulang game tersebut dengan game engine yang dapat menggunakan metode OOP. Penulis menggunakan metode yang diadopsi dari Game Development Life Cycle. Terdapat dua tahapan di dalam metode ini yang penulis gunakan, yaitu Production dan Testing. Penulis menggunakan game engine Unity untuk mengembangkan game ini. Penulis juga melakukan 2 pengujian yaitu Black Box Testing dan pengujian portabilitas. Berdasarkan hasil pengujian, game ular tangga bergenre strategi yang penulis buat dapat dimainkan oleh 2, 3 atau 4 pemain dan dapat berjalan pada sistem operasi Windows 8.1 dan Windows 10.
| Dosen Pembimbing: | Reza Giga Isnanda, S.T., M.Sc. and Apriliya Kurnianti, S.T., M.Eng. | NIDN0503068601, NIDN0518048401 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknologi Informasi |
| Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
| Date Deposited: | 13 Dec 2021 07:17 |
| Last Modified: | 13 Dec 2021 07:17 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6993 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
