Raihhanil Jannah (2020) Students’ Challenges and Strategies on doing Storytelling. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (546kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (538kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Storytelling adalah salah satu kegiatan belajar yang dapat digunakan untuk belajar bahasa Inggris. Storytelling menjadi kegiatan belajar yang dianggap mudah dimengerti dan mudah diakses oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa tentang storytelling lebih tepatnya kesulitan apa yang mereka alami dan strategi apa yang mereka gunakan untuk menyelesaikannya. Penelitian ini dilakukan di salah satu universitas Islam swasta di Yogyakarta, lebih tepatnya di kelas Apresiasi Sastra. Karena di kelas itu dosen menggunakan mendongeng sebagai salah satu kegiatan belajar dan ada tugas yang mengharuskan siswa untuk melakukan stroytelling. Partisipan dalam penelitian ini adalah tiga siswa wanita yang mengikuti kelas Apresiasi Sastra. Alasan mengapa peneliti memilih peserta karena mereka sudah mengambil kelas apresiasi sastra juga melakukan bercerita dan memiliki skor yang baik dalam storytelling. Peneliti melakukan wawancara dalam mengumpulkan data yang lebih dalam tentang pengalaman siswa dalam storytelling.
Temuan penelitian ini mencakup tantangan dan strategi siswa ketika melakukan storytelling. Tantangan siswa ketika melakukan storytelling terkait dengan kegugupan, kendala waktu, kesulitan menghafal, bahasa ibu, kesulitan dalam menemukan atribut yang cocok misalnya pakaian, hal-hal yang mendukung pendongeng ketika melakukan storytelling, audiensi kehilangan fokus. Juga, strategi yang digunakan siswa adalah mengetahui pelafalan kata yang tepat, mengendalikan tempo sambil berbicara, berlatih menghafal cerita, mencoba menjadi seperti orang Inggris, memilih cerita yang sederhana dan mengeksplorasi cara menyampaikan cerita.
Dosen Pembimbing: | Maryam Sorohiti, S.S., M.HSc | NIDN0508056501 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 15 Oct 2021 03:07 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 02:56 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/705 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |