Putra Mukhamad Mei Bimantara (2021) Risiko Keselamatan dan Kesehatan kerja pada proyek pembangunan konstruksi jalan flexible pavement. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (553kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (209kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (394kB)
Bab I.pdf
Download (467kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (642kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (653kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (353kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (322kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
secara umum angka kecelakaan kerja di Indonesia masih cukup besar.hal ini terjadi karena masih kurangnya kesadaran para pekerja pada saat melakukan pekerjaan didalam lingkungan proyek. Sektor yang memegang andil besar dalam hal ini ialah para penyedia jasa konstruksi. Dampak negatife yang akan ditimbulkan dari kecelakaan kerja yaitu kerugian biaya, jiwa, dan waktu. Oleh karenanya kesadaran akan keselamatan dan kesehatan kerja sangatlah penting untuk mewujudkan lingkungan kerja yang sehat, nyaman, serta aman bagi seluruh pelaku pekerja konstruksi. Pada penelitian ini peneliti akan mengidentifikasi risiko yang akan terjadi pada proyek paket LOT 2 Jl. Adri-Karangbolong-Tambakmulya Kebumen Jawa Tengah, dan juga akan dilakukannya penilain risiko kecelakaan kerja pada proyek tersebut. penelitian ini memiliki tujuan yaitu dapat menganalisis kemungkinan risiko terjadinya kecelakaan kerja yang terjadi dilapangan kerja pada lokasi pembangunan proyek. Metode yang digunkan dalam penelitian ini adalah metode analisis secara langsung dengan cara peneliti akan memberikan kuisioner yang berkaitan dengan risiko-risiko apa saja yang akan terjadi dilapangan proyek. Setelah didapatkannya data-data dari lapangan, selanjutnya data-data tersebut akan diolah menggunkan matrix risiko. Dalam penelitian ini peneliti mendapatkan hasil untuk nilai risiko sebesar 8,89 secara keseluruhan yang diamana nilai ini masuk kedalam “Risiko Sedang” dengan rincian angka risiko tertinggi ada pada pekerjaan tanah dengan nilai 10,94 dan nilai risiko terendah adalah pekerjaan drainase dengan nilai 6,5, yang mana dalam proyek ini memiliki 54 kejadian dari 17 kegiatan yang dimana ada 5 tahapan pekerjaan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 03:09 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 03:09 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/7067 |