Putra Mukhamad Mei Bimantara (2021) Risiko Keselamatan dan Kesehatan kerja pada proyek pembangunan konstruksi jalan flexible pavement. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (553kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (467kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (642kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (653kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
secara umum angka kecelakaan kerja di Indonesia masih cukup besar.hal ini terjadi karena masih kurangnya kesadaran para pekerja pada saat melakukan pekerjaan didalam lingkungan proyek. Sektor yang memegang andil besar dalam hal ini ialah para penyedia jasa konstruksi. Dampak negatife yang akan ditimbulkan dari kecelakaan kerja yaitu kerugian biaya, jiwa, dan waktu. Oleh karenanya kesadaran akan keselamatan dan kesehatan kerja sangatlah penting untuk mewujudkan lingkungan kerja yang sehat, nyaman, serta aman bagi seluruh pelaku pekerja konstruksi. Pada penelitian ini peneliti akan mengidentifikasi risiko yang akan terjadi pada proyek paket LOT 2 Jl. Adri-Karangbolong-Tambakmulya Kebumen Jawa Tengah, dan juga akan dilakukannya penilain risiko kecelakaan kerja pada proyek tersebut. penelitian ini memiliki tujuan yaitu dapat menganalisis kemungkinan risiko terjadinya kecelakaan kerja yang terjadi dilapangan kerja pada lokasi pembangunan proyek. Metode yang digunkan dalam penelitian ini adalah metode analisis secara langsung dengan cara peneliti akan memberikan kuisioner yang berkaitan dengan risiko-risiko apa saja yang akan terjadi dilapangan proyek. Setelah didapatkannya data-data dari lapangan, selanjutnya data-data tersebut akan diolah menggunkan matrix risiko. Dalam penelitian ini peneliti mendapatkan hasil untuk nilai risiko sebesar 8,89 secara keseluruhan yang diamana nilai ini masuk kedalam “Risiko Sedang” dengan rincian angka risiko tertinggi ada pada pekerjaan tanah dengan nilai 10,94 dan nilai risiko terendah adalah pekerjaan drainase dengan nilai 6,5, yang mana dalam proyek ini memiliki 54 kejadian dari 17 kegiatan yang dimana ada 5 tahapan pekerjaan
| Dosen Pembimbing: | Muhammad Heri Zulfiar, Dr., S.T., M.T. | NIDN0515026701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
| Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
| Date Deposited: | 14 Dec 2021 03:09 |
| Last Modified: | 14 Dec 2021 03:09 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/7067 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
