Fatimah Nurul Azizah (2021) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DENGAN MUATAN STEAM DAN LOOSE PARTS DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN ‘AISYIYAH SURYA MELATI KECAMATAN KASIHAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (450kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (162kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: Pembelajaran menggunakan muatan STEAM dan <em>loose parts</em> dan kreativitas anak usia dini pada saat pengerjaan proyek di rumah. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah: kepala sekolah, guru, orangtua siswa dan 3 orang siswa. Analisis data dalam penelitian melalui beberapa langkah, diantaranya yang pertama menganalisis data sebelum turun lapangan, kedua reduksi data, langkah yang ketiga penyajian data kemudian yang terakhir verifikasi/memberi kesimpulan atas hasil penelitian. Selanjutnya untuk menetapkan keabsahan penelitian digunakan teknik triangulasi data yang berasal dari data observasi, dokumentasi dan wawancara. Temuan dari penelitian ini bahwa pembelajaran dengan menggunakan muatan STEAM dan <em>loose parts</em> baik di sekolah maupun di rumah memiliki pemicu ataupun kendala, yaitu : muatan STEAM dan <em>loose parts</em> mampu meningkatkan kreativitas siswa yakni terlihat dari keahlian hasil karya menggambar dan membuat bangunan. Pemicunya berupa penggunaan material yang mudah dicari dan karakteristiknya yang disukai anak usia dini. Kendala dalam penerapan muatan STEAM dan <em>loose parts</em> adalah orangtua yang belum sepenuhnya memahami cara pengaplikasian pada saat mendampingi anak membuat karya.</p>
| Dosen Pembimbing: | Novia Fetri Aliza, M.Psi., Psikolog. and UNSPECIFIED | NIDN0505058601, NIDN |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
| Date Deposited: | 14 Dec 2021 03:02 |
| Last Modified: | 14 Dec 2021 03:02 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/7080 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
