Nurlela Hidayati (2021) Peran Guru PAI dalam Mengantisipasi Bullying Peserta Didik di SMK YPKK 1 sleman Gamping Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (336kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (847kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (616kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
<p>Penelitian ini dilatarbelakangi untuk memastikan seberapa berperannya guru dalam mengatasi <em>bullying</em> antar peserta didik di SMK YPKK 1 Sleman Gamping Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PAI dalam mengantisipasi <em>bullying</em> pada peserta didik di SMK YPKK 1 Sleman Gamping Daerah Istimewa Yogyakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan termasuk jenis penelitian deskriptif. Objek penelitian ini adalah guru PAI dan siswa SMK YPKK 1 Sleman Yogyakarta Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat <em>bullying</em> di SMK tersebut namun <em>bullying</em> tersebut terdapat <em>bullying</em> verbal seperti ejekan, sindiran, cemohoan antar siswa. Peran guru PAI dalam mengantisipasi <em>bullying</em> di sekolah ini sudah ada yaitu dengan cara guru memposiskan dirinya selain guru dan siswa, guru juga memposisikan dirinya sebahagai teman siswa dengan demikian siswa tidak akan canggung untuk bercerita atau curhat dengan guru, selain itu menasehati pelaku <em>bullying</em>, memberikan ceramah, menayangkan video tentang buruknya <em>bullying</em> dan menggunakan ayat-ayat Al-Quran dan hadits sebagai pedoman.</p>
Dosen Pembimbing: | Firman Mansir, Dr., M.Pd.I. and Dwi Santosa AB.,, Dr. Drs., M.Pd. | NIDN0407058802, NIDN0501035702 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 02:51 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 02:51 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/7084 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |