Arrafi Jihad Al Kahfi (2021) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENGIMPLEMENTASIAN KARAKTER ISLAMI SISWA DI ERA PANDEMI COVID-19 TAHUN AJARAN 2020/2021 (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (102kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Karakter islami merupakan nilai-nilai keislaman yang melandasi perilaku setiap individu. Karakter islami dapat terbentuk dari program pendidikan yang diajarkan dalam sekolah. maka dari itu pendidikan memiliki peranan yang sangat penting bagi permbentukan karakter islami seseorang, pendidikan tidak dapat berjalan dengan baik jika tidak ada kepala sekolah yang memimpin sekolah tersebut, maka dari itu kepala sekolah harus memiliki beberapa strategi yang membuat pendidikan menjadi lebih baik terutama dalam mengimplementasikan karakter islami pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi kepala sekolah dalam mengimplementasikan karakter islami siswa pada era pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi kepala sekolah dalam mengimplementasikan karakter islami siswa di era pandemi covid-19 yaitu menggunakan strategi pembiasaan yang mana siswa melakukan hal-hal pembiasaan seperti tadarus pagi sebelum dimulainya pembelajaran. Strategi keteladanan yang mana guru melakukan sifat atau perlakuan yang baik sehingga siswa meniru seuatu yang baik dari gurunya, strategi memberi nasihat yang mana guru selalu menasihati muridnya agar munculnya motivasi serta ada pendekatan secara personal lalu strategi kedisiplinan yang mana guru memberi ketegasan serta kebijaksanaan kepada siswanya demi kebaikan dan kebenaran
Dosen Pembimbing: | Nurul Aisyah, S.Pd.I., M.Pd. and UNSPECIFIED | NIDN0502089101, NIDN |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 02:49 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 02:49 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/7086 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |