Fenny Ferawati (2020) PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DENGAN METODE CERITA DAN DEMONSTRASI ANAK USIA 9-10 TAHUN (SDN Ngebel Yogyakarta Tahun 2019). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (761kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (714kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang. Anak usia 9-10 tahun masih berada pada masa rawan mengalami kerusakan gigi, sehingga perlu dilakukan tindakan pencegahan. Penyuluhan dengan metode cerita dan demonstrasi merupakan tindakan pencegahan yang tepat untuk anak pada usia sekolah dasar, selain itu juga berfungsi untuk meningkatakan pengetahuan dan kesadaran terhadap kesehatan gigi dan mulut. Tujuan. Untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan kesehatan gigi dan mulut dengan metode cerita dan demonstrasi pada anak usia 9-10 tahun di SDN Ngebel Yogyakarta. Material dan Metode. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experimental dengan pretest-postest non equivalent control group design menggunakan metode cerita dan metode demonstrasi sebagai perlakuan pada subjek anak usia 9-10 tahun sebanyak 86 murid pada kelas 3A,3B,4A, dan 4B SDN Ngebel Yogyakarta.Pemberian metode dibagi sesuai kode kelas, kode A menggunakan metode cerita, kode B menggunakan metode demonstrasi, sebagai evaluasi hasil penyuluhan digunakan kuisioner kesehatan gigi dan mulut pada pretest dan posttest. Data dianalisis menggunakan paired sample T-test dan independent sample T-test. Hasil. Hasil secara analitik menunjukkan rata-rata nilai kuesioner pengetahuan kesehatan gigi dan mulut (kesgilut) dengan menggunakan metode cerita adalah 27,26, dan rata-rata nilai dengan menggunakan metode demonstrasi adalah 24,66 yang artinya terdapat selisih sebesar 2,60. Nilai Sig. yaitu 0,000 menunjukkan bahwa nilai signifikansi (Sig.) 0,000 < nilai koifisiensi 0,05. Kesimpulan. Metode cerita memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan kesehatan gigi dan mulut dibandingkan dengan metode demonstrasi pada anak usia 9-10 tahun.
Dosen Pembimbing: | drg. Afina Hasnasari Heningtyas, , MPH | NIDN0530108901 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran Gigi > S1 Kedokteran Gigi |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 03:19 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 06:20 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/711 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |