Hijraini (2021) Hubungan antara Bullying Verbal di Lingkungan Sekolah dengan Prestasi Belajar Sisiwa. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (273kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (142kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat bullying di lingkungan sekolah, khususnya 'tingkat bullying verbal di SMA', 'prestasi akademik siswa', dan 'hubungan antara bullying verbal dan prestasi belajar siswa'. Ada dua instrumen yang digunakan dalam penelitian ini. Yang pertama adalah kuesioner untuk mengumpulkan data tentang tingkat
bullying verbal siswa di sekolah. Yang kedua adalah skor prestasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sebagai metode penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah salah satu SMA Swasta di Bantul Yogyakarta yang merupakan siswa kelas XI dengan jumlah 161 siswa. Sampel penelitian ini adalah 62 siswa. Penelitian ini menggunakan convenience sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan statistik
deskriptif. Temuan menunjukkan tingkat bullying di sekolah rendah, 87,5% siswa jarang atau tidak pernah mengalami bullying. Kemudian hasil prestasi belajar siswa tergolong sedang dengan rentang 78,81 – 82,95. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada hubungan antara bullying di sekolah dengan prestasi belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa penelitian ini memiliki signifikansi dan korelasi positif, tetapi derajat asosiasi dalam penelitian ini lemah (r.0.347, p 0,005).
Kata kunci: Verbal bullying, Prestasi belajar siswa, Hubungan verbal bullying dengan prestasi belajar siswa.
| Dosen Pembimbing: | Ika Wahyuni Lestari, S.Pd., M.Hum. | NIDN0511068603 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
| Date Deposited: | 08 Nov 2021 07:25 |
| Last Modified: | 08 Nov 2021 07:25 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/7120 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
