PENGGUNAAN TEKNIK PEMBELAJARAN TEAM QUIS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V DI SD NEGERI DUWET WONOSARI GUNUNGKIDUL

KARYANTO (2012) PENGGUNAAN TEKNIK PEMBELAJARAN TEAM QUIS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V DI SD NEGERI DUWET WONOSARI GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.docx

Download (67kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.docx

Download (64kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.docx
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.docx
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (20kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dengan menerapkan metode team quis dalam meningkatkan motivasi dan aktivitas siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VI SDN Duwet Kecamatan, Wonosari, Kabupaten Gunungkidul
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Duwet, Wonosari, Gunungkidul berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan seluruh kejadian selama dilakukannya tindakan. Analisis dilakukan dengan membandingkan hasil angket awal dengan hasil angket evaluasi dan lembar pengamatan.
Hasil penelitian pembelajaran dengan menerapkan metode team qui dalam meningkatkan motivasi dan aktivitas siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas V SD Negeri Duwet, Wonosari tahun pelajaran 2011/2012 yang menguasai materi atau tuntas dalam belajar adalah sebagai berikut: sebelum perbaikan siswa tuntas sebanyak 6 dari 23 siswa = 26,1 %. Pada siklus I siswa tuntas sebanyak 16 dari 23 siswa = 69,6 %. Pada siklus II siswa yang belum tuntas sebanyak 22 dari 23 siswa = 95,7%.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode team quiz dalam meningkatkan motivasi dan aktivitas siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas V SD Negeri Duwet mengalami peningkatan secara signifikan khususnya dalam memberikan dampak positif terhadap motivasi dan aktivitas siswa.

Kata kunci : pembelajaran, team quis, motivasi, aktivitas, PAI

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: -PEMBELAJARAN -TEAM QUIS -MOTIVASI -PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Dec 2021 04:29
Last Modified: 15 Sep 2022 07:01
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/7276

Actions (login required)

View Item
View Item