Ririn Isnawatiningsih (2020) UNSPECIFIED S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (869kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (775kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Keefektifan guru dalam mengajar di kelas merupakan aspek yang sangat penting untuk mendorong siswa dalam belajar. Namun, pendapat siswa dan guru mengenai guru bahasa Inggris yang efektif itu berbeda satu sama lain. Oleh karena itu, penelitian ini dirancang untuk mengidentifikasi persepsi siswa dan guru tentang karakteristik guru bahasa Inggris yang efektif di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian secara kualitatif untuk mendapatkan data, dan lebih tepatnya menggunakan deskriptive case study. Selain itu, penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Yogyakarta, dan untuk pesertanya adalah dua siswa kelas dua belas dan dua guru bahasa Inggris. Untuk mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan wawancara. Penelitian ini menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris yang efektif (EELT) harus memiliki socio-affective skill dimana EELT harus mampu menciptakan suasana kelas yang efektif, meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, dan mempunyai hubungan yang baik dengan siswanya. Kemudian, dalam pedagogical knowledge, EELT harus memiliki persiapan pengajaran yang terorganisir dengan baik, strategi pengajaran, media pengajaran, dan manajemen kelas yang baik. Selain itu, dalam subject matter knowledge, EELT harus memiliki pengetahuan yang cukup dan memiliki materi pembelajaran bahasa Inggris. Yang terakhir, dalam personality characteristics, EELT harus mempunyai kepribadian yang baik, bertanggung jawab, lucu, dan juga profesional. Oleh karena itu, EELT harus memiliki karakteristik yang seimbang untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan berhasil.
Kata kunci: Guru Bahasa Inggris yang Efektif (EELT), persepsi siswa dan guru, socio-affective skill, pedagogical knowledge, subject matter knowledge, personality characteristics
Dosen Pembimbing: | Sri Rejeki Murtiningsih, Ph.D | NIDN0518047702 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 06:25 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 07:14 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |