ABD. MAJID (2004) PENGEMBANGAN KEILMUAN PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (241kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (343kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (955kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
Abstract
Ilmu Sharaf merupakan salah satu unsur pokok baha Arab. Mempelajari dan memahami teks-teks yang berbahasa Arab, baik yang klasik maupun yang. modern, orang yang 'bukan Arab mutlak menguasai morfologi bahasa Arab, rkarena sangat membantu dalam pemahaman arti dari•peiubahan. perubahan bentuk kata dalam bahasa Arab. Penulis berkeyakinan bahWa untuk mahir berbahasa Arab baik secara aktif maupun pasif, orang yang bukan Arab harus terlebih dahulu mempelajari morfologi bahasa Arab agar tidak keliru dalam membaca, memahami dan menerjemahkan isi makna teks bahasa Arab. Sedangkan morfologi bahasa Arab merupakan kunci awal untuk dipelajari sebelum belajar aspek-aspek bahasa Arab yang lain.
Dalam penelitian tesis ini, penulis menjadikan Pondok Pesantren Wahid Hasyim Gaten Yogyakarta sebagai obyek kajian khususnya di Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah yang menerapkan morfologi bahasa Arab wajib dipelajari oleh para santri/siswa.
| Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S2) |
| Uncontrolled Keywords: | TESIS PONDOK PESANTREN ILMU SHARAF BAHASA ARAB |
| Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Ilmu Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
| Date Deposited: | 26 Aug 2022 01:56 |
| Last Modified: | 26 Aug 2022 01:56 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/7492 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
