SYLVIE PUSPITA (2016) PENGARUH METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
COVER

Download (224kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I

Download (142kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
Official URL: http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7251

Abstract

Latar belakang : Student Teams Achievement Division (STAD) merupakan salah satu metode pembelajaran kooperatif learning yang paling sederhana, dan merupakan model yang paling baik untuk permulaan bagi para pengajar yang baru menggunakan pendekatan kooperatif. Dalam STAD para mahasiswa dibagi dalam tim belajar yang terdiri atas empat orang yang berbedabeda tingkat kemampuan, jenis kelamin, dan latar belakang etniknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar dan prestasi mahasiswa setelah dilakukan intervensi metode pembelajaran STAD. Metode Penelitian :Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan desain semu eksperimen (quasy-experiment). Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan total sampel. Jumlah sampel dalam penelitian ini 68 mahasiswa keperawatan semester 6 yang dibagi menjadi 2 kelas yaitu 34 kelompok intervensi dan 34 kelompok kontrol. Hasil penelitian : Penelitian dilakuakn selama 3 minggu dengan 3 kali memberikan metode STAD kepada kelompok intervensi dengan adanya kelompok kontrol. Sebelum intervensi dilakukan mahasiswa diberikan modul. didapatkan adanya perbedaan motivasi dan prestasi antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Adanya peningkatan motivasi belajar dan prestasi mahasiswa pada kelompok intervensi. Hal ini dibuktikan dengan hasi uji T-test pada motivasi mahasiswa dengan nilai 0,000,05. Pada prestasi dibuktikan dengan uji Mann- Whitney dengan nilai 0,00,005. Kesimpulan : Metode STAD merupakan salah salah satu metode pembelajaran SCL (Student Canterad Leraning) yang dibisa diterapkan pada mahasiswa keperawatan. Dengan menggunakan metode STAD dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi mahasiswa keperawatan.

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: STAD; SCL; MOTIVASI BELAJAR; PRESTASI MAHASISWA
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Magister Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan13
Date Deposited: 22 Oct 2025 03:12
Last Modified: 22 Oct 2025 03:12
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/77351

Actions (login required)

View Item View Item