HELSY DESVITASARI (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KLINIK MODEL BEDSIDE TEACHING TERHADAP PENINGKATAN KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK PADA MAHASISWA PROGRAM PROFESI NERS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
COVER

Download (37kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL

Download (603kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK

Download (143kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I

Download (206kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI
Restricted to Registered users only

Download (741kB)
Official URL: http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7499

Abstract

Pendidikan profesi ners merupakan pendidikan lanjutan yang harus ditempuh oleh mahasiswa sarjana keperawatan dimana proses pendidikan ini berperan penting dalam melatih sikap profesionalisme seorang perawat. Keberhasilan lulusan di ranah klinik turut pula dipengaruhi oleh teknik dan model pembelajaran yang diberikan salah satunya metode pembelajaran klinik model bedside teaching. Tujuan Penelitian : Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran klinik model bedside teahing dalam meningkatkan kognitif, afektif dan psikomotorik mahasiswa. Metode Penelitian : Desain penelitian ini adalah Quasi experiment with control group design. Sampel penelitian berjumlah 80 mahasiswa keperawatan yang sedang melakukan praktik klinik di stase keperawatan dewasa mereka dibagi dalam 2 kelompok yaitu 42 orang kelompok eksperimen dan 38 orang kelompok kontrol. Penentuan sampel untuk masing-masing kelompok dilakukan dengan cara purposive sampling dengan pendekatan matching. Instrument penelitian Multiple Choice Question digunakan untuk menilai kognitif. Lembar observasi checklist untuk menilai afektif dan psikomotorik. Hasil penelitian diuji dengan Uji Wilcoxon. Hasil Penelitian: Hasil penelitian dari data proporsi kognitif, afektif dan psikomotorik (ordinal) pada kedua kelompok. Dari hasil penelitian diperoleh adaya perbedaan tingkat kognitif pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang ditunjukkan dengan nilai p 0.001. Penilaian afektif pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol didapatkan hasil nilai p 0.001. dan penilaian psikomotorik pengkajian luka didapatkan nilai p 0.001 dan penilaian psikomotorik perawatan luka didapatkan nilai p 0.016. Kesimpulan :metode pembelajaran klinik model bedside teaching lebih efektif dibandingkan dengan metode incomplete bedside teaching dalam meningkatkan kognitif, afektif dan psikomotorik mahasiswa profesi ners.

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: BEDSIDE TEACHING; KOGNITIF; AFEKTIF; PSIKOMOTORIK
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Magister Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan13
Date Deposited: 22 Oct 2025 03:12
Last Modified: 22 Oct 2025 03:12
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/77353

Actions (login required)

View Item View Item