DEDEP NUGRAHA (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS CARING DALAM MENINGKATKAN PERFORMANCE MAHASISWA KEPERAWATAN DI SKILL LABORATORY UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
COVER

Download (29kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL

Download (675kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK

Download (166kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I

Download (254kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7536

Abstract

Latar belakang : Masyarakat semakin menyoroti perawat yang dianggap kurang performance-nya. Masalah Performance perawat juga terjadi pada mahasiswa praktikan keperawatan. Kendala pembelajaran skill laboratory keperawatan yaitu mahasiswa yang kurang aktif dan instruktur yang kurang tertata. Caring merupakan bagian dari performance mahasiswa yang menjadi fokus pendidikan keperawatan. Tujuan : Menganalisis perbedaan performance mahasiswa sebelum dan setelah dilakukan intervensi pembelajaran berbasis caring di skill laboratory Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Metode : Penelitian kuantitatif dengan quasy-experiment. Penelitian dilakukan selama 2 minggu dengan 2 skill pembelajaran kepada kelompok intervensi dengan adanya kelompok kontrol. Sebelum intervensi dilakukan mahasiswa diberikan modul pembelajaran. Asisten dosen instruktur skill laboratory memberikan pembelajaran dengan struktur caring pada mahasiswa yang dibagi dalam kelompok kecil. Hasil : Adanya perbedaan hasil performance mahasiswa keperawatan sebelum dan setelah intervensi dilakukan pembelajaran berbasis caring di skill laboratory Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Namun tidak terdapat perbedaan performance antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Hal ini dibuktikan hasil uji t-test Kelompok intervensi dan kontrol dengan nilai p value 0,063 (p value 0,05). Kesimpulan : Metode pembelajaran berbasis caring merupakan inti dari keperawatan yang bisa diterapkan pada pembelajaran mahasiswa keperawatan. Dengan menggunakan pembelajaran berbasis caring dapat meningkatkan performance mahasiswa keperawatan.

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN; CARING; PERFORMANCE MAHASISWA; SKILL LABORATORY
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Magister Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan13
Date Deposited: 22 Oct 2025 03:11
Last Modified: 22 Oct 2025 03:11
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/77362

Actions (login required)

View Item View Item