DEDEP NUGRAHA (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS CARING DALAM MENINGKATKAN PERFORMANCE MAHASISWA KEPERAWATAN DI SKILL LABORATORY UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (COVER)
COVER Download (29kB) |
|
|
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL Download (675kB) |
|
|
Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN Restricted to Registered users only Download (370kB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK Download (166kB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I Download (254kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II Restricted to Registered users only Download (324kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III Restricted to Registered users only Download (279kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV Restricted to Registered users only Download (305kB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V Restricted to Registered users only Download (90kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA Restricted to Registered users only Download (238kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang : Masyarakat semakin menyoroti perawat yang dianggap kurang performance-nya. Masalah Performance perawat juga terjadi pada mahasiswa praktikan keperawatan. Kendala pembelajaran skill laboratory keperawatan yaitu mahasiswa yang kurang aktif dan instruktur yang kurang tertata. Caring merupakan bagian dari performance mahasiswa yang menjadi fokus pendidikan keperawatan. Tujuan : Menganalisis perbedaan performance mahasiswa sebelum dan setelah dilakukan intervensi pembelajaran berbasis caring di skill laboratory Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Metode : Penelitian kuantitatif dengan quasy-experiment. Penelitian dilakukan selama 2 minggu dengan 2 skill pembelajaran kepada kelompok intervensi dengan adanya kelompok kontrol. Sebelum intervensi dilakukan mahasiswa diberikan modul pembelajaran. Asisten dosen instruktur skill laboratory memberikan pembelajaran dengan struktur caring pada mahasiswa yang dibagi dalam kelompok kecil. Hasil : Adanya perbedaan hasil performance mahasiswa keperawatan sebelum dan setelah intervensi dilakukan pembelajaran berbasis caring di skill laboratory Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Namun tidak terdapat perbedaan performance antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Hal ini dibuktikan hasil uji t-test Kelompok intervensi dan kontrol dengan nilai p value 0,063 (p value 0,05). Kesimpulan : Metode pembelajaran berbasis caring merupakan inti dari keperawatan yang bisa diterapkan pada pembelajaran mahasiswa keperawatan. Dengan menggunakan pembelajaran berbasis caring dapat meningkatkan performance mahasiswa keperawatan.
| Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S2) |
| Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN; CARING; PERFORMANCE MAHASISWA; SKILL LABORATORY |
| Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Magister Keperawatan |
| Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan13 |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 03:11 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 03:11 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/77362 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
