SUTIK SUTIK (2016) PENGARUH PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING JIGSAW TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA PRODI S1 KEPERAWATAN STIKES GANESHA HUSADA KEDIRI. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (COVER)
COVER Download (43kB) |
|
|
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL Download (399kB) |
|
|
Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN Restricted to Registered users only Download (259kB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK Download (144kB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I Download (253kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II Restricted to Registered users only Download (357kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III Restricted to Registered users only Download (197kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV Restricted to Registered users only Download (245kB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V Restricted to Registered users only Download (93kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA Restricted to Registered users only Download (240kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI Restricted to Registered users only Download (482kB) |
Abstract
Latar Belakang : Kondisi perguruan tinggi di Indonesia cukup beragam permasalahan yang ditemukan, terutama pada proses pembelajaran mayoritas masih menggunakan metode konvensional. Upaya pemerintah mengatasi masalah ini dengan mengadakan perbaikan kurikulum dari pendekatan kurikulum berbasis Teacher Centered Learning menjadi kurikulum berbasis Student Centered Learning. Metode cooperative learning jigsaw merupakan salah satu strategi Student Centered Learning yang dapat diterapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan metode cooperative learning jigsaw terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa. Metode : Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi eksperiment pre and post test without control, dengan intervensi metode Cooperative Learning Jigsaw. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa program studi semester II STIKES Ganesha Husada Kediri. Instrumen penelitian dengan kuesioner dan soal MCQ. Kemudian hasil dianalisa dengan menggunakan uji paired sampel t-test dengan nilai α 0,05 Hasil : Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata motivasi belajar pre test 135,33 dan post test-3 158,03 sedangkan hasil belajar pre test 68,43 dan post test-3 83,03 Hasil uji beda untuk motivasi belajar didapatkan pre-post test-1 p value 0,012, pre-post test-2 p value 0,000, pre-post test-3 p value 0,001, sedangkan hasil belajar pre-post test-1 sampai pre-post test-3 didapatkan p value 0,000. Kesimpulan : Ada pengaruh penerapan metode cooperative learning jigsaw terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa program studi S1 Keperawatan STIKES Ganesha Husada Kediri setelah dilakukan metode Cooperative Learning Jigsaw.
| Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S2) |
| Uncontrolled Keywords: | COOPERATIVE LEARNING JIGSAW; MOTIVASI BELAJAR; HASIL BELAJAR |
| Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Magister Keperawatan |
| Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan13 |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 03:10 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 03:10 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/77377 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
