SUTIK SUTIK (2016) PENGARUH PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING JIGSAW TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA PRODI S1 KEPERAWATAN STIKES GANESHA HUSADA KEDIRI. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
COVER

Download (43kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL

Download (399kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK

Download (144kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I

Download (253kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
Official URL: http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7645

Abstract

Latar Belakang : Kondisi perguruan tinggi di Indonesia cukup beragam permasalahan yang ditemukan, terutama pada proses pembelajaran mayoritas masih menggunakan metode konvensional. Upaya pemerintah mengatasi masalah ini dengan mengadakan perbaikan kurikulum dari pendekatan kurikulum berbasis Teacher Centered Learning menjadi kurikulum berbasis Student Centered Learning. Metode cooperative learning jigsaw merupakan salah satu strategi Student Centered Learning yang dapat diterapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan metode cooperative learning jigsaw terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa. Metode : Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi eksperiment pre and post test without control, dengan intervensi metode Cooperative Learning Jigsaw. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa program studi semester II STIKES Ganesha Husada Kediri. Instrumen penelitian dengan kuesioner dan soal MCQ. Kemudian hasil dianalisa dengan menggunakan uji paired sampel t-test dengan nilai α 0,05 Hasil : Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata motivasi belajar pre test 135,33 dan post test-3 158,03 sedangkan hasil belajar pre test 68,43 dan post test-3 83,03 Hasil uji beda untuk motivasi belajar didapatkan pre-post test-1 p value 0,012, pre-post test-2 p value 0,000, pre-post test-3 p value 0,001, sedangkan hasil belajar pre-post test-1 sampai pre-post test-3 didapatkan p value 0,000. Kesimpulan : Ada pengaruh penerapan metode cooperative learning jigsaw terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa program studi S1 Keperawatan STIKES Ganesha Husada Kediri setelah dilakukan metode Cooperative Learning Jigsaw.

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: COOPERATIVE LEARNING JIGSAW; MOTIVASI BELAJAR; HASIL BELAJAR
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Magister Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan13
Date Deposited: 22 Oct 2025 03:10
Last Modified: 22 Oct 2025 03:10
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/77377

Actions (login required)

View Item View Item