RITNA UDIYANI (2017) PENERAPAN METODE THINKING ALOUD PAIRS PROBLEM SOLVING (TAPPS) DALAM UPAYA PENINGKATAN KESADARAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN (SI) DI STIKES DARUL AZHAR BATULICIN. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (BAB I)
BAB I Download (79kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II Restricted to Registered users only Download (131kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III Restricted to Registered users only Download (90kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV Restricted to Registered users only Download (239kB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V Restricted to Registered users only Download (30kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA Restricted to Registered users only Download (42kB) |
|
|
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL Download (69kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN Restricted to Registered users only Download (9kB) |
|
|
Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI Restricted to Registered users only Download (81kB) |
Abstract
Hasil belajar merupakan suatu kumpulan pencapaian mahasiswa selama dalam proses pembelajaran untuk mengetahui tingkat keberhasilan belajarnya. Salah satu indikator keberhasilan belajar mahasiswa dapat terpenuhi adalah dari metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang dianggap mampu meningkatkan hasil belajar mahasiwa adalah Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan metode TAPPS dalam upaya peningkatan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain true experiment dengan rancangan pre and post test with control group design. Tehnik sampling dengan metode random sampling, jumlah sampel 45 orang pada mahasiswa semester empat, dibagi menjadi dua kelompok yaitu 22 kelompok perlakuan dan 23 kelompok kontrol. Instrumen penelitian menggunakan Multiple Choice Question untuk menilai hasil belajar mahasiswa. Hasil data dianalisis menggunakan paired t test, independent t test, one way anova dengan nilai signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar selama enam kali pembelajaran antara sebelum dan sesudah dilakukan TAPPS diperoleh nilai p value 0,05. Sedangkan hasil pengaruh peningkatan setelah dilakukan TAPPS diperoleh p value 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh peningkatan hasil belajar setelah diterapkan metode thinking aloud pairs problem solving (TAPPS).
| Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S2) |
| Uncontrolled Keywords: | THINKING ALOUD PAIRS PROBLEM SOLVING; HASIL BELAJAR |
| Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Magister Keperawatan |
| Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan13 |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 03:08 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 03:08 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/77391 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
