RITNA UDIYANI (2017) PENERAPAN METODE THINKING ALOUD PAIRS PROBLEM SOLVING (TAPPS) DALAM UPAYA PENINGKATAN KESADARAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN (SI) DI STIKES DARUL AZHAR BATULICIN. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I

Download (79kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL

Download (69kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
Official URL: http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7849

Abstract

Hasil belajar merupakan suatu kumpulan pencapaian mahasiswa selama dalam proses pembelajaran untuk mengetahui tingkat keberhasilan belajarnya. Salah satu indikator keberhasilan belajar mahasiswa dapat terpenuhi adalah dari metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang dianggap mampu meningkatkan hasil belajar mahasiwa adalah Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan metode TAPPS dalam upaya peningkatan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain true experiment dengan rancangan pre and post test with control group design. Tehnik sampling dengan metode random sampling, jumlah sampel 45 orang pada mahasiswa semester empat, dibagi menjadi dua kelompok yaitu 22 kelompok perlakuan dan 23 kelompok kontrol. Instrumen penelitian menggunakan Multiple Choice Question untuk menilai hasil belajar mahasiswa. Hasil data dianalisis menggunakan paired t test, independent t test, one way anova dengan nilai signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar selama enam kali pembelajaran antara sebelum dan sesudah dilakukan TAPPS diperoleh nilai p value 0,05. Sedangkan hasil pengaruh peningkatan setelah dilakukan TAPPS diperoleh p value 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh peningkatan hasil belajar setelah diterapkan metode thinking aloud pairs problem solving (TAPPS).

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: THINKING ALOUD PAIRS PROBLEM SOLVING; HASIL BELAJAR
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Magister Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan13
Date Deposited: 22 Oct 2025 03:08
Last Modified: 22 Oct 2025 03:08
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/77391

Actions (login required)

View Item View Item