LUSIA WAHYUNING TYAS (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA KEPERAWATAN DI PROGRAM STUDI DIII KEPERAWATAN STIKES SATRIA BHAKTI NGANJUK. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
COVER

Download (100kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL

Download (469kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK

Download (202kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I

Download (246kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN
Restricted to Registered users only

Download (994kB)
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI
Restricted to Registered users only

Download (940kB)
Official URL: http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7867

Abstract

Latar Belakang : Kemampuan berpikir kritis merupakan hal yang penting pada mahasiswa keperawatan. Mahasiswa dituntut mempunyai keahlian yang fleksibel dan individual pada situasi khusus pemecahan masalah keperawatan pasien. Metode pembelajaran Team Based Learning merupakan strategi Student Center Learning yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Team Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Metode : Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi eksperimen pre-test-post-test with control group. Dengan Sampel penelitian adalah mahasiswa semester IV Prodi DIII Keperawatan STIKES Satria Bhakti Nganjuk yang berjumlah 63 responden. Analisa data menggunakan Paired Samples T Test, Independent Samples T Test, One Way Anova dan Post Hoc Bonferroni. Hasil : Hasil penelitian menunjukan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada kelompok intervensi lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Nilai rata-rata kelompok intervensi sebesar 113.06 8.63 sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 93.47 8.27. Hasil kemampuan berpikir kritis setelah intervensi ketujuh lebih tinggi dibandingkan intervensi ketiga maupun ke lima. Nilai F hitung lebih besar dibanding F tabel (13.667 3.08) pada kelompok intervensi dan F hitung lebih kecil dibanding dengan F tabel (0.086 3.094) pada kelompok kontrol. Kesimpulan : Ada pengaruh peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa keperawatan Prodi DIII Keperawatan STIKES Satria Bhakti Nganjuk setelah tujuh kali penerapan metode pembelajaran Team Based Learning.

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS; METODE PEMBELAJARAN; TEAM BASED LEARNING
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Magister Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan13
Date Deposited: 22 Oct 2025 03:07
Last Modified: 22 Oct 2025 03:07
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/77407

Actions (login required)

View Item View Item