FERAWATI FERAWATI (2016) PENERAPAN CASE BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA KEPERAWATAN. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
COVER

Download (94kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL

Download (579kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK

Download (158kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I

Download (246kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
Official URL: http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/8456

Abstract

Latar Belakang: Metode pembelajaran lecturing dirasa belum mampu mengasah kemampuan analisis mahasiswa, kepekaan terhadap permasalahan, melatih pemecahan masalah serta kemampuan mengevaluasi permasalahan terutama pada mata kuliah Keperawatan Medikal Bedah (KMB) yang memerlukan analisis tinggi dan berpikir kritis. Case based learning merupakan salah satu metode pembelajaran student center learning berbasis kasus yang dirancang untuk meningkatkan berpikir tingkat tinggi dalam memecahkan suatu kasus. Dengan penggunaan metode ini diharapkan mahasiswa mampu mengasah critical thinking untuk memecahkah permasalahan secara holistik terutama pada mata kuliah Keperawatan Medikal Bedah (KMB). Metode Penelitian: Menggunakan action research untuk penelitian tindakan dalam menerapkan Case Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester VII sebanyak 27 orang dan dosen keperawatan medikal bedah sebanyak 4 orang. Analisis yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian: Hasil uji Paired T-Test menunjukkan nilai sig. 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan keaktifan mahasiswa sebelum dan sesudah intervensi Case Based Learning (CBL). Hasil indepth interview ditemukan tema yang meliputi berpikir kritis mahasiswa belum optimal, serta sumber daya manusia yang belum memadai dan diharapkan metode Student Center Learning khususnya CBL bisa mengatasi masalah tersebut Kesimpulan:.Kemampuan berpikir kritis dan keaktifan mahasiswa Keperawatan di STIKes Insan Cendekia Husada Bojonegoro meningkat setelah perubahan strategi pembelajaran menjadi Case Based Learning

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: CASE BASED LEARNING; BERPIKIR KRITIS; KEAKTIFAN
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Magister Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan13
Date Deposited: 22 Oct 2025 03:06
Last Modified: 22 Oct 2025 03:06
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/77418

Actions (login required)

View Item View Item