ZUHROTUL UMAROH (2017) EFEKTIFITAS PSIKOEDUKASI TERHADAP ADAPTASI PASIEN FRAKTUR DI RSUD JOMBANG. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
COVER

Download (103kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL

Download (351kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK

Download (154kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I

Download (245kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
Official URL: http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/8530

Abstract

Latar belakang: Cidera masih menjadi masalah kesehatan utama masyarakat di seluruh negara, dimana dua per tiganya terjadi di negara berkembang termasuk Indonesia. Di Indonesia tercatat kasus cidera pada tahun 2013 mencapai 84.277 jiwa (8,2%). Berbagai dampak negatif muncul yang diakibatkan oleh fraktur, yang meliputi aspek psikologis, sosial, dan spiritual. Departemen Kesehatan melaporkan bahwa 15% penderita fraktur mengalami stress psikologis hingga depresi. Pendidikan psikologis efisien dalam proses perawatan dan menurunkan gejala-gejala depresi yang merupakan komponen dalam respon psikologis atas adanya suatu kondisi disabilitas. Tujuan: mengetahui efektifitas pemberian psikoedukasi terhadap adaptasi pasien fraktur di RSUD kabupaten Jombang Metode: Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian pre-test – post-test with control group. Jumlah sampel terdiri dari 16 orang kelompok kontrol dan 16 orang kelompok perlakuan yang didapatkan dengan consecutive sampling. Uji analisa data menggunakan uji parametrik paired sample t-test dan independent t-test, yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas data dengan uji shapiro-wilk. Hasil: uji sampel t berpasangan menyatakan terdapat perbedaan yang signifikan pada adaptasi pasien fraktur sebelum dan sesudah diberikan intervensi psikoedukasi (p value 0,000 ; CI 95% alpha 0,05). Pada uji t tidak berpasangan didapatkan p value 0,000 ; CI 95% alpha 0,05 yang menunjukkan perbedaan yang signifikan pada adaptasi pasien fraktur yang diberikan intervensi psikoedukasi dengan kelompok pasien yang tidak diberikan intervensi. Kesimpulan: pemberian tindakan psikoedukasi terbukti efektif dalam meningkatkan adaptasi pasien fraktur. Perawat harus terus mengembangkan dan mengaplikasikan prosedur pelaksanaan psikoedukasi terutama pada pasien fraktur dengan tujuan untuk meningkatkan adaptasi pasien fraktur.

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: FRAKTUR; PASIEN; PSIKOEDUKASI; CIDERA
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Magister Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan13
Date Deposited: 22 Oct 2025 03:04
Last Modified: 22 Oct 2025 03:04
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/77435

Actions (login required)

View Item View Item