VITA PURNAMASARI (2017) PENGARUH COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN HARGA DIRI MAHASISWA STIKES SURYA GLOBAL YOGYAKARTA. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK Download (167kB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I Download (130kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II Restricted to Registered users only Download (207kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III Restricted to Registered users only Download (169kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV Restricted to Registered users only Download (223kB) |
|
|
Text (COVER)
COVER Download (67kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA Restricted to Registered users only Download (116kB) |
|
|
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL Download (166kB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V Restricted to Registered users only Download (84kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN Restricted to Registered users only Download (112kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN Restricted to Registered users only Download (203kB) |
Abstract
Latar Belakang : Hasil Belajar merupakan salah satu indikator dari pencapaian tujuan belajar. Pencapaian tujuan belajar akan didukung oleh penerapan metode pembelajaran yang tepat. Cooperative Learning tipe Jigsaw merupakan salah satu metode pembelajaran inovatif yang melibatkan mahasiswa dalam proses pembelajaran. Terdapat lima pokok elemen pembelajaran cooperative jigsaw yang dapat meningkatkan ketrampilan interpersonal mahasiswa, harga diri serta motivasi. Tujuan Penelitian : Mengetahui pengaruh cooperative learning terhadap hasil belajar dan harga diri mahasiswa Stikes Surya Global Yogyakarta. Metode Penelitian : Desain penelitian menggunakan Quasy Eksperimen rancangan pretes postest with control group design. Penelitian dilakukan Januari - Maret 2017, subyek penelitian yaitu mahasiswa Stikes Surya Global semsseter 2 dengan total sampling, dan jumlah responden sebanyak 221 mahasiswa. Analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test dan Mann Whitney Test Hasil Penelitian : Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol setelah dilakukan intervensi metode pembelajaran cooperative learning dengan P 0.000 untuk variabel hasil belajar kognitif dan nilai P 0.000 untuk variabel harga diri Kesimpulan : Cooperative Learning Tipe Jigsaw meningkatkan hasil belajar mahasiswa dan harga diri mahasiswa Stikes Surya Global Yogyakarta .
| Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S2) |
| Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR; KOGNITIF; HARGA DIRI; COOPERATIVE LEARNING |
| Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Magister Keperawatan |
| Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan13 |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 03:03 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 03:03 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/77443 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
