VITA PURNAMASARI (2017) PENGARUH COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN HARGA DIRI MAHASISWA STIKES SURYA GLOBAL YOGYAKARTA. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK

Download (167kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I

Download (130kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[thumbnail of COVER] Text (COVER)
COVER

Download (67kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL

Download (166kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
Official URL: http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10781

Abstract

Latar Belakang : Hasil Belajar merupakan salah satu indikator dari pencapaian tujuan belajar. Pencapaian tujuan belajar akan didukung oleh penerapan metode pembelajaran yang tepat. Cooperative Learning tipe Jigsaw merupakan salah satu metode pembelajaran inovatif yang melibatkan mahasiswa dalam proses pembelajaran. Terdapat lima pokok elemen pembelajaran cooperative jigsaw yang dapat meningkatkan ketrampilan interpersonal mahasiswa, harga diri serta motivasi. Tujuan Penelitian : Mengetahui pengaruh cooperative learning terhadap hasil belajar dan harga diri mahasiswa Stikes Surya Global Yogyakarta. Metode Penelitian : Desain penelitian menggunakan Quasy Eksperimen rancangan pretes postest with control group design. Penelitian dilakukan Januari - Maret 2017, subyek penelitian yaitu mahasiswa Stikes Surya Global semsseter 2 dengan total sampling, dan jumlah responden sebanyak 221 mahasiswa. Analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test dan Mann Whitney Test Hasil Penelitian : Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol setelah dilakukan intervensi metode pembelajaran cooperative learning dengan P 0.000 untuk variabel hasil belajar kognitif dan nilai P 0.000 untuk variabel harga diri Kesimpulan : Cooperative Learning Tipe Jigsaw meningkatkan hasil belajar mahasiswa dan harga diri mahasiswa Stikes Surya Global Yogyakarta .

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR; KOGNITIF; HARGA DIRI; COOPERATIVE LEARNING
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Magister Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan13
Date Deposited: 22 Oct 2025 03:03
Last Modified: 22 Oct 2025 03:03
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/77443

Actions (login required)

View Item View Item