RATNA KUSUMA ASTUTI (2017) INTEGRASI METODE DEMONSTRASI DAN AUDIOVISUAL TERHADAP PENINGKATAN PSIKOMOTOR PADA PEMBELAJARAN SKILLS LABORATORY. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (COVER)
COVER Download (104kB) |
|
|
Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN Restricted to Registered users only Download (151kB) |
|
|
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL Download (385kB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK Download (105kB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I Download (152kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II Restricted to Registered users only Download (182kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III Restricted to Registered users only Download (183kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III Restricted to Registered users only Download (183kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV Restricted to Registered users only Download (133kB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V Restricted to Registered users only Download (155kB) |
|
|
Text (BAB VI)
BAB VI Restricted to Registered users only Download (107kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA Restricted to Registered users only Download (88kB) |
|
|
Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI Restricted to Registered users only Download (412kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Metode pembelajaran memegang peranan penting dalam proses pendidikan. Pada pembelajaran skills laboratory dibutuhkan metode pembelajaran yang tepat sehingga pemahaman aplikasi dari pokok bahasan yang disampaikan dapat dicapai oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan psikomotor melalui integrasi metode demonstrasi dan audiovisual pada pembelajaran skills laboratory. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimental design dengan pendekatan pretest-posttest control group design. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa semester II di Akper Insan Husada Surakarta. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah teknik total sampling dan teknik simple random sampling. Sampel dibagi menjadi 2 kelompok, 45 mahasiswa untuk kelompok intervensi (kelas A) dan 45 mahasiswa untuk kelompok kontrol (kelas B). Hasil penelitian berdasarkan uji statistik t-test pada data pre tes - post tes kelompok intervensi maupun kelompok kontrol keterampilan pemasangan infus dan perawatan luka bersih sebesar 0,000 dan 0,000 0,05. Pada data post tes keterampilan pemasangan infus dan perawatan luka bersih sebesar 0,010 dan 0,001 0,05. Nilai rerata post tes keterampilan pemasangan infus dan perawatan luka bersih pada kelompok intervensi 84,31 dan 83,55 lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol 81,91 dan 80,17. Kesimpulan dari penelitian adalah integrasi metode demonstrasi dan audiovisual dapat meningkatkan kemampuan psikomotor pada pembelajaran skills laboratory.
| Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S2) |
| Uncontrolled Keywords: | AUDIOVISUAL; DEMONSTRASI; PSIKOMOTOR; SKILLS LABORATORY |
| Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Magister Keperawatan |
| Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan13 |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 03:02 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 03:02 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/77451 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
