ZULFIKAR MUHAMMAD (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE OSCE TERHADAP KESIAPAN DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA PRAKTEK KLINIK DI STIKES KEPANJEN KEBUPATEN MALANG. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK Download (355kB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I Download (564kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II Restricted to Registered users only Download (708kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III Restricted to Registered users only Download (554kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV Restricted to Registered users only Download (466kB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V Restricted to Registered users only Download (531kB) |
|
|
Text (BAB VI)
BAB VI Restricted to Registered users only Download (409kB) |
|
|
Text (COVER)
COVER Download (227kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA Restricted to Registered users only Download (435kB) |
|
|
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL Download (404kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI Restricted to Registered users only Download (883kB) |
|
|
Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Proses pembelajaran dalam keperawatan terdiri dari klasikal dan praktik klinis. Perpindahan dari pembelajaran klasikal ke praktik klinis perlu dilakukan persiapan. Salah satu persiapan yang dapat dilakukan adalah OSCE (Objective Structured Clinical Examination). Tujuan dari penelitian ini mengetahui pengaruh metode OSCE terhadap kesiapan dan motivasi belajar mahasiswa Prodi S1 STIKes Kepanjen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasy eksperimental, dan dengan pendekatan pretest-posttest design with control group. Penelitian ini membandingkan kesiapan dan motivasi belajar mahasiswa saat pretest dan posttest dilakukan setelah responden melakukan praktik klinik menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kesiapan pada responden yang diuji dengan metode OSCE sebesar 61.69 dengan signifikansi 0.00 sedangkan responden yang diuji dengan konvensional nilai rata-rata 56.8 dengan signifikansi 0.148. Dan nilai rata-rata motivasi belajar pada responden dengan metode OSCE sebesar 147.8 dengan signifikansi 0.00, sedangkan responden yang diuji dengan konvensional sebesar 135.8 dengan signifikansi 0.006. Kesimpulan pada penelitian ini didapatkan bahwa terjadi peningkatan kesiapan dan motivasi belajar mahasiswa S1 STIKes Kepanjen yang diuji menggunakan metode OSCE lebih tinggi dibandingkan dengan metode non OSCE.
| Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S2) |
| Uncontrolled Keywords: | KESIAPAN; MOTIVASI BELAJAR; OSCE; QUESI EXPERIMENT |
| Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Magister Keperawatan |
| Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan13 |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 03:01 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 03:01 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/77457 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
