ZULFIKAR MUHAMMAD (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE OSCE TERHADAP KESIAPAN DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA PRAKTEK KLINIK DI STIKES KEPANJEN KEBUPATEN MALANG. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK

Download (355kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I

Download (564kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II
Restricted to Registered users only

Download (708kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[thumbnail of BAB VI] Text (BAB VI)
BAB VI
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[thumbnail of COVER] Text (COVER)
COVER

Download (227kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL

Download (404kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI
Restricted to Registered users only

Download (883kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10830

Abstract

Proses pembelajaran dalam keperawatan terdiri dari klasikal dan praktik klinis. Perpindahan dari pembelajaran klasikal ke praktik klinis perlu dilakukan persiapan. Salah satu persiapan yang dapat dilakukan adalah OSCE (Objective Structured Clinical Examination). Tujuan dari penelitian ini mengetahui pengaruh metode OSCE terhadap kesiapan dan motivasi belajar mahasiswa Prodi S1 STIKes Kepanjen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasy eksperimental, dan dengan pendekatan pretest-posttest design with control group. Penelitian ini membandingkan kesiapan dan motivasi belajar mahasiswa saat pretest dan posttest dilakukan setelah responden melakukan praktik klinik menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kesiapan pada responden yang diuji dengan metode OSCE sebesar 61.69 dengan signifikansi 0.00 sedangkan responden yang diuji dengan konvensional nilai rata-rata 56.8 dengan signifikansi 0.148. Dan nilai rata-rata motivasi belajar pada responden dengan metode OSCE sebesar 147.8 dengan signifikansi 0.00, sedangkan responden yang diuji dengan konvensional sebesar 135.8 dengan signifikansi 0.006. Kesimpulan pada penelitian ini didapatkan bahwa terjadi peningkatan kesiapan dan motivasi belajar mahasiswa S1 STIKes Kepanjen yang diuji menggunakan metode OSCE lebih tinggi dibandingkan dengan metode non OSCE.

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: KESIAPAN; MOTIVASI BELAJAR; OSCE; QUESI EXPERIMENT
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Magister Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan13
Date Deposited: 22 Oct 2025 03:01
Last Modified: 22 Oct 2025 03:01
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/77457

Actions (login required)

View Item View Item