IXORA IXORA (2017) PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTURE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBUAT ASUHAN KEPERAWATAN. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
COVER

Download (56kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL

Download (557kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK

Download (105kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I

Download (207kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
Official URL: http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10884

Abstract

LatarBelakang : Kualitas pendidikan dapat ditingkatkan melalui perbaikan proses pembelajaran dari teacher centered learning ke student centered learning. Metode contextual teaching learning model problem based instructure yang mengkaitkan isi pelajaran dengan lingkungan sekitar atau dunia nyata sehingga membuat pelajaran lebih bermakna dan dapat meningkatkan kemampuan dalam membuat Asuhan Keperawatan. Keberhasilan metode contextual teaching learning model problem based instructure dipengaruhi oleh tahapan struktur yang terdapat dalam metode CTL model PBI. TujuanPenelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran CTL model PBI terhadap kemampuan membuat Asuhan Keperawatan. Metode Penelitian : jenis penelitian adalah kuantitatif dengan desain quasi experimental (eksperimensemu), pendekatan pre-test dan post-test with control group. Teknik sampel dengan total sampling yaitu 80 mahasiswa, 40 mahasiswa sebagai kelompok control dan 40 mahasiswa sebagai kelompok intervensi. Instrumen yang dipakai adalah format asuhan keperawatan dan Rubrik penilaian Askep. Hasil penelitian diuji dengan paired sample t-test dan independent sample t-test. Hasil penelitian : nilai rata-rata pre-test kemampuan membuat asuhan keperawatan pada kelompok intervensi 72.45 dan pada kelompok kontrol 68,03 sedangkan rata-rata nilai post test menggunakan metode CTL model PBI pada kelompok intervensi 81.48 dan pada kelompok kontrol 73.25, ada perbedaan nilai rata-rata. Kesimpulan : ada pengaruh yang signifikan metode CTL model PBI dalam meningkatkan kemampuan membuat asuhan keperawatan

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: CONTEXTUAL TEACHING LEARNING; PROBLEM BASED INSTRUCTURE; ASUHAN KEPERAWATAN
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Magister Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan13
Date Deposited: 22 Oct 2025 03:01
Last Modified: 22 Oct 2025 03:01
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/77463

Actions (login required)

View Item View Item