SITI KHOLIFAH (2016) ANALISIS KUALITATIF PENCAPAIAN KOMPETENSI LULUSAN NERS FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER DI UJI KOMPETENSI NERS INDONESIA. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK

Download (74kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I

Download (208kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[thumbnail of COVER] Text (COVER)
COVER

Download (325kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
Official URL: http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10964

Abstract

Latar belakang: Rendahnya persentase kelulusan ners dalam Uji Kompetensi Ners Indonesia (UKNI) selayaknya evaluasi institusi pendidikan. Penelitian ini bertujuan menganalisis secara kualitatif pencapaian kompetensi lulusan Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember di UKNI. Metode: Metode penelitian menggunakan disain kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang cara pengumpulan datanya melalui focus group discussion selama 90 menit dengan melibatkan 6 orang lulusan ners yang tidak lulus di UKNI. Cara pengumpulan data kedua yaitu melalui wawancara tidak terstruktur dengan melibatkan 4 informan, yaitu 1 orang koordinator UKNI dan 3 orang dosen, sedangkan cara yang ketiga yaitu analisis dokumen lampiran UKNI, dokumen soal dan rencana pembelajaran. Seluruh data yang diperoleh dianalisis dengan constant comparative method. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa persiapan jangka pendek dalam menghadapi UKNI kurang optimal sehingga mempengaruhi proses pelaksanaan dan hasil UKNI. Evaluasi hasil UKNI menunjukkan bahwa lulusan ners yang tidak lulus UKNI mengalami stress ringan, sedangkan selama ini institusi pendidikan tidak melakukan feed back terhadap hasil UKNI. Terdapat hambatan eksternal dan internal yang dialami oleh lulusan ners pada tahap persiapan dan pelaksanaan UKNI, sedangkan peran institusi pada tahap tersebut belum optimal. Rencana tindak lanjut yang akan dilaksanakan oleh institusi pendidikan yaitu sosialisasi blueprint UKNI, mentoring soal UKNI, dan pembentukan IBA dan try out internal sebagai upaya untuk mencapai target 100 % lulusan ners lulus di UKNI. Kesimpulan: Adanya faktor persiapan menghadapi UKNI, proses pelaksanaan UKNI, evaluasi hasil UKNI, hambatan dalam menghadapi UKNI, peran institusi dalam menghadapi UKNI serta rencana tindak lanjut institusi mempengaruhi pencapaian kompetensi lulusan ners dalam UKNI.

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: PENCAPAIAN KOMPETENSI; LULUSAN NERS; UJI KOMPETENSI NERS INDONESIA; KUALITATIF
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Magister Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan13
Date Deposited: 22 Oct 2025 03:00
Last Modified: 22 Oct 2025 03:00
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/77474

Actions (login required)

View Item View Item