Rizca Ayu Safitri (2020) Students strategies in reducing speaking anxiety inside English classroom in English language education department at private university in Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (863kB) |
Abstract
Berbicara merupakan tantangan bagi mahasiswa untuk berkomunikasi dalam bahasa inggris. Peneliti menemukan bahwa ada beberapa mahasiswa yang merasakan ketidaknamanan berbicara bahasa inggris. Kecemasan adalah ketakutan yang timbul ketika mahasiswa berbicara bahasa inggris. Penelitian ini meneliti karakteristik kecemasan mahasiswa dalam berbicara bahasa inggris didalam kelas dan strategi mengurangi kecemasan berbicara bahasa inggris didalam kelas. Penelitian ini diadopsi pendekatan kualitatif menggunakan desain deskriptif untuk menampaikan penemuan.
empat partisipan merupakan pilihan dari karakteristik dengan perbantuan dosen untuk merekomendasikan kandidat yang sesuai dengan ciri-ciri dari peneliti. Penemuan pertama adalah karakteristik kecemasan mahasiswa. ada empat karakteristik kecemasan mahasiswa, diantaranya adalah ketidakmampuan untuk mengekspresikan ide, mengingat ketidak asosiasi, ketakutan meneliti grammar dan lafal pengucapan dan ketakutan mendapatkan negatif evaluasi. Partisipan berkata mereka cemas dan tidak bisa berbicara bahasa inggris karena mereka takut kesalahan dalam grammar maupun pelafalannya. Beberapa juga mengatakan bahwa lupa dalam materi dan tidak bisa mengucapkan apa ang ada dipikiran.
Penemuan kedua adalah mahasiswa menggunakan beberapa strategi untuk mengatasi kecemasan berbicara mereka. Ada tiga strategi ang digunakan oleh mahasiswa yang mana adalah berlatih dengan banyak waktu, melakukan relaksasi, dan mempunyai pemikioran yang positif. Partisipan mengatakan bahwa mempunyai banyak berlatih dapat membantu mereka mengurangi kecemasan karena mereka harus banyak menyiapkan. Beberapa partisipan juga mengatakan bahwa melakukan relaksasi sebelum berbicara bahasa inggris didepan kelas mereka bisa merasa tenang dan dapat menampaikan materi. Salah satu partisipan mengatakan bahwa dia akan hanya percaya pada kemampuan berbicara dan dapat mengatasi kecemasannya.
Dosen Pembimbing: | Gendroyono, S.Pd, M.Pd | NIDN0525017501 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 05:51 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 04:06 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/817 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |