ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL DALAM UPAYA PENGEMBANGAN MUTU PELAYANAN RAWAT INAP DI RSD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL.

FITRA SARI (2013) ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL DALAM UPAYA PENGEMBANGAN MUTU PELAYANAN RAWAT INAP DI RSD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.doc

Download (59kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.doc

Download (43kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.rtf

Download (257kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.docx
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.docx
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)

Abstract

ANALISN PERSIAPAN DALAM PERENCANAAN PEMEKARAN DESA DI
KABUPATEN BULUNGAN
(Studi Kasus di Desa Tanjung Indah Lestari, Desa Bukit Indah, dan Desa
Salimbatu Permai)
Oleh:
Nama : Budi Mulyadi
NIM :2011040031
ABSTRAK
Terbentuknya desa baru diharapkan dapat memberikan dampak yang positif
bagi masyarakat. Namun demikian, penataan terhadap desa yang dimekarkan
tentunya berkaitan dengan berbagai regulasi dan persyaratan yang ada. Oleh karena
itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Bulungan perlu melakukan perencanaan yang baik
dalam melakukan pemekaran terhadap Desa Tanjr"rng Indah Lestari, Desa Bukit
Indah, dan Desa Salimbatu Permai. Tujuan penelitian ini adalah: (i) untuk
menjelaskan pelaksanaan persiapan pernekaran Desa Tanjung Indah Lestari, Desa
Bukit Indah, dan Desa Salimbatu Permai berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten
Bulungan Nomor 4 Tahun 201I tentang Pembentukan, Penghapusan, Penggabungan
Desa, dan Perubahan Status Desa Menjadi Keiurahan, dan (2) utttuk meirjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi peiaksanaan pernekaran pada Desa Tanjung Indah
Lestari, Desa Bukit Indah, dan Desa Salimbatu Permai.
Dalam penelitian ini, pendekatan yang dilakukan adalah melalui pendekatan
kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Bulungan, tepatnya pada Desa
Tanjung Indah Lestari, Desa Bukit Indah, dan Desa Salimbatu Pennai. Pengumpula-n
data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokurnen. Teknik analisis
data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan langkah reduksi data,
penyajian data, dan verihkasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Desa dan masyarakat Desa
Salimbatu Permai masih kurang memahami konsep pemekaran daerah, tujuan
pemekaran, dan tata cara pemekaran daerah secara sempurna. Apabila ditinjau dari
faktor-faktor yang mempengaruhi pemekaran desa maka dapat dikatakan bahwa Desa
Tanjung Indah Lestari, Desa Bukit Indah, dan Desa Salimbatu Permai sudah
memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai desa definitif. Apabila dilihat dari faktorfaktor
yang mempengaruhi pemekaran desa dapat diketahui bahwa desa yang paling
memenuhi syarat pemekaran adalah Desa Bukit Indah, sedangkan desa yang memiliki
banyak kekurangan dalam hal kelayakan untuk pemekaran adalah Desa Tanjung
Indah Lestari. Faktor-faktor yang kurang layak terletak padajaringan penghubungan
dan komunikasi antar desa serta kondisi sarana dan prasarana.
Kata Kunci: pemekaran desa, perencanaan pemekaran desa
vii
INTISARI
ANALISIS I(EPUASAN PELANGGAN EKSTBRNAL DALAM UPAYA
PENGEMBAI{GAN MUTU PELAYANAN RAYAT INAP DI RSUD
PANEMBAIIAN SENOPATI BANTIIL
Fitra Sari, Susanto
Manaj emen Rumah S akit, Universitas Muhammadiyah yogyakarla
Lilar Belakang: Rumah Sakit Daerah (RSD) Panernbahan Senopati Barrtul
adalah salah satu penyedia pelayanan kesehatan milik pernerintah kabupaten.
Rumah sakit ini harus dapat mengembangkan diri sesuai dengan tuntutan kualitas
sehingga dapat mampu berlahan bersaing dengan pelayanan kesehatan yang lain.
Upaya untuk memenangkan persaingan tersebut dengan meningkatkan mutu
pelayanan dan memberikan pelayanan yang sesuai dengan harapan pelanggan.
Untuk itu Rumah sakit Panembahan Senopati Bantul perlu melakukan kegiatan
perencanaan mutu dengan mengidentifikasi kebutuhan pelanggandalan rangka
memperbaiki kualitas pelayanan, sehingga dapat dapat men)rususn strategi
pengemb angan mutu pel ayanan.
Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui kesenjangan antara harapan dan realita
pelanggan eksternal terhadap mutu pelayanan rawat inap di RSD Panembahan
Senopati Bantul, mengetahui kesenjangan antara harapan dan realita pelanggan
sebagai bahan dalam mengembangkan strategi pengembangan mutu pelayanan.
Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan cross
sectional. Penelitian dilakukan bulan November 2013 di RSD Panembahan
Senopati Bantul. Besar sampel 100 orang dengan desain pengambilan sampel acak
berstrata proporsional. Analisis data dilakukan dengan uji beda rata-rata
berpasangan (Pared t-tes t).
Hasil: Berdasarkan hasil uji beda rata-rata berpasangan (pared sample t-test),
dapat dilihat bahwa terdapat kesenjangan yang signifikan (p

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: MMR 2013 KEPUASAN PELANGGAN PENGEMBANGAN MUTU PELAYANAN RAWAT INAP RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 29 Aug 2022 09:38
Last Modified: 29 Aug 2022 09:38
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/8390

Actions (login required)

View Item
View Item