KECERDASAN EMOSIONAL (EMOTIONAL QUOTIENT) PADA ANAK PANTI ASUHAN PADA PESANTREN PUTRI AR-RAHMAH

SUNARSIH (2013) KECERDASAN EMOSIONAL (EMOTIONAL QUOTIENT) PADA ANAK PANTI ASUHAN PADA PESANTREN PUTRI AR-RAHMAH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kecerdasan emosional santri, dan juga untuk mengetahui metode pendidikan yang diterapkan oleh pengasuh kepada santriwati di Panti Asuhan dan Pesantren Putri Ar-Rahmah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif, dengan tiga langkah : 1. Editing, 2. Skoring 3. Analisis data dengan besaran prosentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1). kecerdasan emosional (EQ) pada Panti Asuhan dan Pesantren Putri (PA dan PP) Ar-Rahmah meliputi kegiatan pengajian senin kamis, kegiatan piket harian, kegiatan kajian keagamaan, kegiatan sharing, kegiatan kepengurusan panti. 2). Metode pendidikan kecerdasan emosional (EQ) pada santri Panti Asuhan dan Pesantren Putri Ar-Rahmah meliputi pendidikan dengan keteladanan, pendidikan dengan adat pembiasaan, pendidikan dengan nasehat, pendidikan dengan perhatian dan pengawasan, pendidikan dengan hukuman. 3). Hasil analisis data. Hasil dari keseluruhan angket yang di jawab oleh santri yaitu sebanyak 30 soal mencakup kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial, sebanyak 5% atau 1 santri yang kecerdasan emosionalnya masih dalam kategori cukup baik. Sedangkan 95% atau sebanyak 19 anak masuk dalam kategori kecerdasan emosional yang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KECERDASAN EMOSIONAL
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:55
Last Modified: 27 Jul 2022 03:55
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/8574

Actions (login required)

View Item
View Item