ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL 4 LENGAN (STUDI KASUS DI JALAN HOS COKROAMINOTO, WIROBRAJAN, YOGYAKARTA)

TEGUH DWIRIYANTO (2012) ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL 4 LENGAN (STUDI KASUS DI JALAN HOS COKROAMINOTO, WIROBRAJAN, YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)

Abstract

Persimpangan adalah simpul pada jaringan jalan dimana jalan‐jalan dan lintasan kendaraan berpotongan. Persimpangan adalah faktor yang paling penting dalam menentukan kapasitas dan waktu perjalanan pada suatu jaringan jalan, khususnya di daerah‐daerah perkotaan. Dari hasil pengamatan di lapangan diketahui simpang tak bersinyal di Jalan HOS Cokroaminoto bukan merupakan persimpangan prioritas, karena tidak dilengkapi rambu STOP dan beri jalan (YIELD). Hal ini menyebabkan konflik‐konflik di persimpangan yang menyebabkan dan mempengaruhi kapasitas persimpangan itu sendiri. Akibatnya jika kapasitas persimpangan lebih rendah sedangkan arus kendaraan terlalu tinggi, maka hal ini akan mempengaruhi nilai dari derajat kejenuhan, tundaan dan peluang antrian lalulintas di persimpangan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah menghitung kapasitas simpang, menghitung derajat kejenuhan, menghitung tundaan, menghitung peluang antrian dan penilaian perilaku lalu lintas.

Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan selama 2 hari dengan jam pelaksanaan survai selama 11 jam untuk setiap harinya. Penelitian ini dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 26 November 2011, dan Senin, tanggal 28 November 2011 antara jam 07.00‐ 18.00 WIB. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan software KAJI versi 1.10F yang mengacu pada MKJI, 1997.

Hasil analisis penelitian ini adalah kapasitas simpang terbesar simpang untuk hari Sabtu sebesar 3448 smp/jam dan hari Senin sebesar 3802 smp/jam. Derajat kejenuhan simpang tertinggi untuk hari Sabtu dan Senin terjadi pada jam 07.00‐08.00 sebesar 0,991 dan hari Senin sebesar 1,235. Tundaan lalu lintas simpang (DT1) tertinggi untuk hari Sabtu dan Senin terjadi pada jam 07.00‐08.00 yakni selama 14,59 dan 48,29 detik/smp, tundaan lalu lintas jalan utama (DTMA) tertinggi untuk hari Sabtu dan Senin terjadi pada jam 07.00‐08.00 yakni selama 10,37 dan 25,68 detik/smp, tundaan lalu lintas jalan minor (DTMI) tertinggi untuk hari Sabtu dan Senin pada jam 07.00‐08.00 yakni selama 42,92 dan 250,80 detik/smp, tundaan geometrik simpang (DG) tertinggi untuk hari Sabtu dan Senin terjadi pada jam 07.00‐08.00 yakni selama 4 detik/smp, tundaan simpang (D) tertinggi untuk hari Sabtu dan Senin terjadi pada jam 07.00‐08.00 yakni selama 18,59 dan 52,59 detik/smp. Peluang antrian untuk hari Sabtu dan Senin pada jam 07.00‐08.00 untuk hari Sabtu dengan batas bawah 39% ‐ batas atas 78%, untuk hari Senin dengan batas bawah 62% ‐ batas atas 128%. Tingkat pelayanan jalan terendah untuk hari Sabtu adalah B dan untuk hari Senin adalah C pada jam 07.00‐08.00. Penilaian perilaku lalu lintas menunjukkan bahwa derajat kejenuhan simpang secara umum telah melebihi dari nilai yang ditetapkan dalam MKJI 1997, yaitu sebesar 0,80. Dari hasil analisis diketahui nilai dari tundaan arus lalu‐lintas, tersebut telah melampaui batas yang diijinkan. Hal ini menunjukkan bahwa arus lalu‐lintas di persimpangan sangat tinggi sehingga mengganggu kelancaran arus lalu‐lintas.

Kata kunci: kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan, peluang antrian dan penilaian perilaku lalu lintas

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KAPASITAS, DERAJAT KEJENUHAN, TUNDAAN, PELUANG ANTRIAN DAN PENILAIAN PERILAKU LALU LINTAS
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 26 Jul 2022 03:18
Last Modified: 26 Jul 2022 03:18
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/9158

Actions (login required)

View Item
View Item