Meisya Rani (2020) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI KREATIF PADA IKM KERAJINAN BAMBU DI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan industri kreatif pada IKM Kerajinan Bambu di Kabupaten Sleman. Subjek dalam penelitian ini adalah para pengusaha atau pengrajin Kerajinan Bambu. Di dalam penelitian ini menggunakan sample penelitian sebanyak 93 responden yang dipilih menggunakan metode simple random sampling. Alat analisis yang digunakan yaitu Strength Weakness Opportunity Threats (SWOT) dan Product Life Cycle (PLC). Hasil penelitian menunjukkan kondisi internal dan eksternal berupa kekuatan utama yaitu tenaga kerja yang ahli dan terampil sedangkan faktor kelemahan utama yaitu belum adanya pembukuan keuangan. Faktor peluang dan ancaman utama yaitu Kerajinan Bambu dapat dibentuk beraneka macam produk dan regenerasi tenaga kerja produktif sulit. Faktor kekuatan dan peluang lebih besar dibandingkan dengan kelemahan dan ancaman. Pada Daur Hidup Produk, produk Kerajinan Bambu berada pada tahap pertumbuhan. Strategi pengembangan yang digunakan yaitu dengan menggunakan strategi SO dan strategi Bauran Pemasaran.
Dosen Pembimbing: | AHMAD MA'RUF S.E., MS.i. | NIDN0512127201 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ekonomi |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 03:47 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 02:18 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/936 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |