PENGELOLAAN KEGIATAN PAMERAN SEBAGAI PROGRAM KEGIATAN MARKETING PUBLIC RELATIONS BANK JABAR CABANG INDRAMAYU DALAM MENARIK MINAT NASABAH UNTUK MENABUNG

ARIEF SETIAWAN (2009) PENGELOLAAN KEGIATAN PAMERAN SEBAGAI PROGRAM KEGIATAN MARKETING PUBLIC RELATIONS BANK JABAR CABANG INDRAMAYU DALAM MENARIK MINAT NASABAH UNTUK MENABUNG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)

Abstract

Kegiatan pameran merupakan serangkaian kegiatan sistematik dan sungguh dengan menerapkan prosedur-prosedur penelitian sosial guna mengamati, mengoreksi, menimbang dan kemudian menilai program Public Relations yang meliputi konsep, desain, pelaksanaan dan hasilnya. Setiap kegiatan atau program perlu dievaluasi agar dapat diketahui sejauhmana hasil yang telah dicapai. Tujuannya adalah untuk menentukan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kegagalan atau keberhasilan suatu program. Evaluasi merupakan salah satu dari proses perencanaan strategi Public Relations yaitu penelitian, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi itu sendiri.

Penelitian ini mencoba membahas tentang bagaimana evaluasi Public Relations. Kasus yang diambil adalah evaluasi kegiatan pameran Bank Jabar cabang Indramayu. Teori yang digunakan mengacu pada konsep prosedur evaluasi Public Relation dari Grunig dan Hunt ( 1984 ) yaitu mulai dari specify objective, measure the objective, collect and analyze data, report the resukt to the decisions makers, dan apply the result to decisions. Selain itu, konsep penelititan ini dilengkapi dengan model tingkatan evaluasi Pblic Relations yang lebih spesifik yang diajukan oleh Cutlip, Center dan Broom (1994).

Hasil penelitian ini menegaskan bahwa untuk mempermudah mewujudkan hubungan yang harmonis dengan publiknya, Humas Bank Jabar cabang Indramayu menciptakan program pameran. Yang diharapkan menjadi Images Booming yaitu program kegiatan yang diharapkan menjadi daya ledak secara luas, Untuk menilai apakah kegiatan pameran berhasil atau tidak Humas Bank Jabar cabang Indramayu melakukan evaluasi sebagai bentuk pertanggungjawaban dan sebagai alat perbaikan diri meskipun cara evaluainya masih sangat sederhana. Evaluasi program kegiatan pameran tersebut dilakukan dengan metod kuesioner, metode survey, dengan teknik personal interview, observasi dan studi pustaka. Selama ini Humas Bank Jabar cabang Indramayu berusaha memperoleh data yang seakurat mungkin untuk menunjukan nilai dukungan kegiatan pameran terhadap pencapaian tujuan sekaligus memperbaiki sistem kerja Humas itu sendiri agar dapat menjadi yang lebih baik dan dapat memajukan Bank Jabar cabang Indramayu.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 25 Jul 2022 03:26
Last Modified: 25 Jul 2022 03:26
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/9396

Actions (login required)

View Item
View Item