Brendhik Avizonna Dimas S. (2020) IMPLEMENTASI APLIKASI E-LAPOR SEBAGAI PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT DI PEMERINTAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA 2018-2019. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (841kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (867kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (184kB)
Bab I.pdf
Download (741kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (242kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (552kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (189kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (188kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (376kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (276kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Aplikasi E-Lapor merupakan sebuah sistem E-Government dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. E-Lapor ini dimaksudkan untuk membantu mempermudah masyarakat dalam menyampaikan keluhan dan kepada pemerintah DIY dalam hal penyelenggaraan pelayanan sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan. Selain itu, pembuatan aplikasi ini mampu berperan sebagai sarana dalam menjembatani masyarakat dan pemerintah dalam komunikasi pelayanan pengaduan masyarakat yang berbasis online, dengan mengunakan aplikasi E-Lapor masyarakat bisa menyampaikan secara langsung keluhan melalui smartphone, aplikasi E-Lapor juga melibatkan semua OPD yang berada di Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam skripsi ini membahas untuk mengetahui bagaimana implementasi aplikasi E-Lapor DIY sebagai pelayanan pengaduan masyarakat dan faktor-faktor yang memengaruhi implementasi E-Lapor. Dengan menggunakan teori faktor-faktor yang memengaruhi aplikasi E-Lapor.
Dalam implementasi aplikasi terdapat dua indikator yaitu adanya notifikasi laporan yang masuk setiap admin selalu rutin memantau apakah ada laporan yang masuk ke dalam aplikasi. Adanya respon dari laporan yang masuk setiap admin selalu merespon dengan cepat setiap laporan yang masuk paling lama dalam waktu dua hari. Dalam penulisan skripsi ini menggunakan teori dari Edward III tentang faktor-faktor yang memengaruhi implementasi E-Lapor, faktor-faktor yang memengaruhi implementasi terdapat empat variabel yaitu: komunikasi, sumber daya pelaksana, disposisi, dan struktur birokrasi, Dalam implementasi aplikasi E-Lapor sudah berjalan dengan baik walaupun masih ada beberapa kekurangan dalam pelaksanannya diharapkan kedepan akan lebih baik dalam memberikan pelayanan publik yang efektif dan efisien berbasis online
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 03:21 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 04:25 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1006 |