STRATEGI PENINGKATAN KINERJA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINU (PDAM) KABUPATEN SLEMAN

RICHA KHOIRUNNISA (2010) STRATEGI PENINGKATAN KINERJA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINU (PDAM) KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)

Abstract

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Sleman sebagai BUMD yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Sleman mempunyai fungsi yaitu sebagai perusahaan derah yang bersifat sosial yaitu melayani kebutuhan air minum masyarakat tercukupi air minum/bersih secara layak dan makna strategis untuk Pemerintah Daerah sebagai fungsi ekonomi perusahaan dimana PDAM sebagai Badan Usaha Milik Daerah yang memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah. PDAM Kabupaten Sleman juga menghadapi permasalahan dampak krisis moneter. Berdasarkan laporan pertanggungjawaban PDAM Tahun 2004 disebutkan bahwa kondisi memburuk pada PDAM Kabupaten Sleman, menyebabkan kondisi perusahaan menunjukkan nilai negatif yang semakin besar, dari tahun 2000-2004 mengalami kerugian sehingga tidak memberikan kontribusi terhadap pendapatan asli daerah. Penelitian ini dilakukan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Sleman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif analisis. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan dokumentasi untuk melengkapi informasi, interview yakni memberikan pertanyaan secara langsung kepada responden dalam rangka mencari data yang jelas mengenai isu-isu strategis apa saja yang dihadapi oleh PDAM Kabupaten Slemn dalam rangka peningkatan kinerjanya dan strategi yang digunakan untuk merespon isu-isu strategis yang dihadapi tersebut, sesuai dengan visi dan misi PDAM Kabupaten Sleman. Hasil penelitian strategi memanfaatkan kekuatan dan mengisi peluang (SO), yaitu melalui strategi Pendayagunaan potensi karyawan yang ada secara optimal dengan meningkatkan kualitas profesionalisme, strategi memperjuangkan penyesuaian tarif kepada Stakeholder utama (Bupati dan DPRD), Strategi mengatasi kelemahan dan mengisi peluang (WO) melalui strategi memperjuangkan penghapusan/pemberian keringanan beban hutang kepada Departemen Keuangan RI/Pemerintah Pusat. Strategi mengatasi kelemahan dan menghadapi ancaman (WP) melalui strategi Peningkatan Iklim koordinasi kerja yang kondusif, aspiratif, dan apresiatif dilakukan melalui langkahlangkah merumuskan tata kelola perekrutan dan managerial perusahaan baik dalam hal pelaksanaan Fit and proper test bagi jajaran Direksi maupun penyusunan alat pengukuran kinerja individual bagi karyawan, melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait utamanya Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam hal pengamanan jaringan, mengatasi permasalahan penurunan debit air karena kerusakan ekosistem, dan adanya jaringan yang dikelola masyarakat yang bersumber dari bantuan Pemerintah Daerah . Saran dari hasil penelitian ini adalah untuk mencapai hasil yang optimal dari peningkatan kinerja organisasi PDAM Sleman, maka dibutuhkan dukungan penuh dari pihak Pemerintah Kabupaten Sleman dan DPRD dengan memberikan keleluasaan pihak Direksi PDAM dalam mengembangkan kinerja PDAM pada periode yang disepakati. Pihak manajemen PDAM Sleman perlu membuat langkah-langkah terobosan guna mengatasi permasalahan penyesuaian tarif. Melakukan upaya peningkatan kinerja organisasi PDAM Sleman baik secara internal maupun eksternal mengingat perusahaan (PDAM) berada pada posisi Survival/Defensif, karena hampir seluruh kondisi internal dan eksternal lebih besar pada posisi Kelemahan (Weaknesses) dan pada ancaman (Threats). Pihak manajemen PDAM perlu melakukan kerjasama dengan pihak yang terkait (Pemerintah Kabupaten, Paguyuban Pelanggan Air dan Stakeholder lainnya) guna lebih memuluskan program-program penyehatan PDAM.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Dec 2021 07:14
Last Modified: 24 Dec 2021 07:14
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/10081

Actions (login required)

View Item
View Item