Ova Addinia Miladinkarahma (2020) HUBUNGAN PENDEKATAN BELAJAR DENGAN HASIL UJIAN STUDENT ORAL CASE ANALYSIS (SOCA) PADA MAHASISWA PSKG FKIK UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (611kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (252kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (273kB)
Bab I.pdf
Download (406kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (359kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (419kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (265kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (92kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (216kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (990kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (481kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
INTISARI
Latar Belakang : Belajar merupakan usaha individu untuk mendapat perubahan tingkah laku baru dalam interaksi lingkungannya. Perubahan tingkah laku akibat belajar membuat individu menguasai materi pembelajaran yang merupakan tujuan dari pembelajaran. Penguasaan materi pembelajaran perlu disertai dengan adanya pendekatan belajar. Pendekatan belajar dibagi menjadi dua kelompok, yaitu deep approach dan surface approach. Pendekatan belajar perlu dilakukan agar dapat mencapai tujuan dari pembelajaran tersebut. Untuk melihat pencapaian dari tujuan pembelajaran, dapat dilihat dengan melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran seperti melakukan tes lisan. Salah satu ujian dengan metode lisan yang diterapkan di PSKG FKIK UMY adalah Student Oral Case Analysis (SOCA). Ujian SOCA merupakan sarana untuk melihat hasil belajar berupa penalaran dan pemecahan masalah dalam bentuk skenario kasus. Peneliti ingin mengetahui hubungan pendekatan belajar terhadap hasil ujian SOCA pada mahasiswa di PSKG FKIK UMY.
Tujuan Penelitian : Mengetahui hubungan pendekatan belajar dengan hasil ujian SOCA pada mahasiswa PSKG FKIK UMY.
Metode Penelitian : Jenis penelitian yang akan digunakan merupakan penelitian observasional analitik dengan desain penelitian cross-sectional. Sampel yang digunakan adalah 263 mahasiswa PSKG FKIK UMY dengan menggunakan teknik total sampling. Data penelitian diambil dari isian Revised-Study Process Questionnaire 2-29 Factors (RSPQ-2F)dan hasil ujian SOCA yang didapatkan dari data nilai SOCA blok 4, 11, 18.
Hasil Penelitian: Analisis data menggunakan uji korelasi Spearman Rank dengan nilai (r : 0,022), (p>0,05). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pola pendekatan belajar dengan hasil ujian SOCA pada mahasiswa PSKG FKIK UMY.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 03:16 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 07:39 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1032 |