PERAN PARTAI GOLKAR DALAM PENDIDIKAN POLITIK (STUDI KASUS PENDIDIKAN POLITIK KADER OLEH DPD GOLKAR KOTA TARAKAN PRIPINSI KALIMANTAN TIMUR TAHUN 2004-2007)

M. SYA'BAN NUR (2008) PERAN PARTAI GOLKAR DALAM PENDIDIKAN POLITIK (STUDI KASUS PENDIDIKAN POLITIK KADER OLEH DPD GOLKAR KOTA TARAKAN PRIPINSI KALIMANTAN TIMUR TAHUN 2004-2007). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)

Abstract

Partai GOLKAR di masa Orde Baru merupakan partai politik yang terkuat, bergulirlah reformasi yang membawa perubahan di berbagai aspek. Partai GOLKAR pada masa Orde Baru merupakan anak emas pemerintah dewasa itu mengalami tekanan dari berbagai pihak untuk membubarkan diri, dengan itu terjadi penurunan citra sehingga mempengaruhi perolehan suara pada tahun 1999, DPD Partai GOLKAR Kota Tarakan perlu berbeperan dalam meningkatkan dan mengembangkan keterampilan dalam berbagai kegiatan yang akan mendorong usaha-usaha dalam pendidikan politik kader khususnya di Kota Tarakan. Dengan itu bagaimana Peran DPD Partai GOLKAR dalam Pendidikan Politik Kader Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Timur 2004-2007? Dalam penelitian ini mengunakan metode penelitian sebagai berikut, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, analisa dilakukan pada anggota Partai GOLKAR, pengurus DPD Partai GOLKAR dan arsip-arsip atau dokumen yang berhubungan dengan masalah dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi, teknik analisa data yang digunakan adalah analisa kualitatif interpretatif. Dari penelitian didapat Peran DPD Partai GOLKAR dalam pendidikan politik kader kota Tarakan yaitu, program umum untuk 2004-2009 yang didalamnya terdapat Tri Sukses yang terdiri dari, sukses konsolidasi dan pengembangan Partai GOLKAR, sukses reformasi dan pembangunan, sukses pilkada dan pemilu 2004-2009. Penelitian ini juga mendapatkan upaya Peran DPD Partai GOLKAR Kota Tarakan yaitu dengan perkaderan, yakni membentuk kader Partai GOLKAR yang frofesional dan handal, yang mampu melaksanakan tugas organisasi dan pembangunan bagi terwujudnya tujuan organisasi. Di dalam perkaderan Partai GOLKAR melakukan Pendidikan Politik Kader guna pengembangan organisasi partai berkaitan dengan hal-hal tersebut, aspek organisasi, keanggotaan, dan Kaderisasi Partai GOLKAR adalah merupakan bagian penting yang harus dibangun, dikembangkan, dan dioptimalkan perannya dalam memberi daya dukung untuk mengerakan seluruh sistem organisasi menuju pencapaian sasaran di Tahun 2004-2009, dengan Pendidikan politik yang ditujukan kepada masyarakat bertujuan merekrut atau bagaimana melibatkan masyarakat atau rakyat untuk berpatisipasi didalam kegiatan-kegiatan politik yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kader sebagai calon pelanjut kepemimpinan partai dan kehidupan organisasi pendidikan politik yang lebih berorientasi kepada pemantapan partai dan pengembangan program partai. Berdasarkan hasil penelitian, Partai GOLKAR harus benar-benar menghidupkan kepengurusan yang ditingkat kecamatan dan kelurahan karena tingkat inilah yang lebih dekat dengan masyarakat. Partai GOLKAR harus mencari Alternatif sumber dana karena untuk menunjang kegiatan-kegiatannya di masa yang akan datang yang lebih membutuhkan biaya yang tidak sedikit sehingga diharapkan dari iuran anggota dan perlu dibuka usaha-usaha ekonomi.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 16 Jul 2022 03:08
Last Modified: 16 Jul 2022 03:08
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/10453

Actions (login required)

View Item
View Item