STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BATIK EB TRADITIONAL DALAM MENARIK BELI KONSUMEN DI CERIBON

MUSTAFIDAH (2009) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BATIK EB TRADITIONAL DALAM MENARIK BELI KONSUMEN DI CERIBON. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)

Abstract

Saat ini perkembangan dunia bisnis lokal di Indonesia terus berkembang dengan mengeluarkan ide-ide positif yang dapat menarik minat beli konsumen. Salah satu produk Indonesia yang kini berkembang pesat adalah industri batik tradisional. Batik EB Traditional merupakan industri batik tradisional yang memproduksi batik dengan paduan batik klasik Cirebonan dan modern yang harus terus berinovasi dan terus bersaing dengan produk batik lainnya di wilayah Cirebon maupun batik Pekalongan, Solo maupun Yogyakarta agar dapat menarik minat beli konsumen. Persaingan dalam industri batik ini tidak luput dengan adanya strategi komunikasi pemasaran dimana strategi tersebut merupakan langkah awal dalam menjaring dan menarik konsumen untuk dapat membeli produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Batik EB Traditional dalam menarik minat beli konsumen serta bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran pada Batik EB Traditional. Penelitian ini juga menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengamati dan menganalisa fenomena komunikasi pemasaran yang terjadi di Batik EB Traditional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Batik EB Traditional merupakan salah satu home industry batik yang sudah cukup baik dalam pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran. Lima bauran pemasaran yang digunakan oleh Batik EB Traditional dalam pelaksaan strategi komunikasi pemasaran adalah meliputi periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2022 03:46
Last Modified: 12 Jul 2022 03:46
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/11080

Actions (login required)

View Item
View Item